Gelar Sosialisasi Wawasan Kebangsaan, Ini Kata Sahlan Syukur

PODIUM, BANDARLAMPUNG,- DPRD Provinsi Lampung, Sahlan Syukur menggelar Sosialisasi Pembinaan Ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan sebagai upaya meningkatkan wawasan kebangsaan dan pentingnya nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat.

Sekretaris Komisi II DPRD Provinsi Lampung itu mengatakan, mengoptimalkan wawasan kebangsaan dan nilai-nilai pancasila merupakan upaya pemerintah guna menguatkan kesadaran akan penting kehidupan berbangsa dan bernegara.“Bangsa Indonesia ini masih dijajah melalui pemikiran, yaitu dengan adanya paham-paham radikal yang hadir di tengah masyarakat,” kata Aan sapa akrabnya, Sabtu (27/2).

Agenda sosialisasi yang berlangsung di Desa Hajimena, Kecamatan Natar tersebut dihadiri oleh kalangan pemuda, tokoh masyarakat dan dua narasumber, yaitu Kompol Sukadi,S.Sos dari Polda Lampung dan Dra. Nur Prima Qurbani, M.Si dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung, terlihat acara tersebut tetap mengedepankan protokol kesehatan mengingat masih ditengah pandemi Covid-19.

Dalam kesempatan itu, Aan juga mengingatkan betapa pentingnya mengulas sejarah, agar dalam menata perjuangan kedepan tidak menimbulkan kegagal pahaman dalam hidup berbangsa dan bernegara.“Rusaknya suatu bangsa yaitu lupanya kita dengan sejarah perjuangan bangsa sendiri (Indonesia),” ujarnya.

Sementara itu, Kompol Sumadi selaku narasumber mengatakan, pihaknya dari kepolisian akan selalu mengawal persoalan paham-paham radikal yang membuat gaduh keamanan, ketentraman ditengah kehidupan bermasyarakat.

Sedangkan menurut Dra. Nur Prima Qurbani, M.Si pendidikan terhadap anak terkait pemahaman pancasila harus dilakukan sejak dini, karena pemahaman pancasila merupakan pondasi dasar dalam menjalankan kehidupan bermasyarakat.(Red)