Asep Makmur Dorong Pemprov Lampung Untuk Perhatian Dengan Nelayan

PODIUM, BANDARLAMPUNG,- Anggota Fraksi Demokrat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Lampung Asep Makmur mendorong Pemerintah Provinsi Lampung dalam hal ini Dinas Kelautan dan Perikanan untuk lebih fokus dalam memperhatikan para nelayan di Lampung, terutama dalam hal perizinan dokumen kapal.

Sebab, di Provinsi Lampung khususnya Lampung Timur masih terdapat belasan ribu kapal yang tidak memiliki dokumen resmi, karena dinilai sulitnya perizinan birokrasi untuk pengurusan dokumen kapal nelayan tersebut.

Hal ini terungkap di agenda Sarasehan Fraksi Demokrat dengan para mahasiswa Universitas di Lampung yang digelar di Kantor DPRD Lampung, Kamis (13/2).

“Hal itu memang kita prioritaskan. Saya sempat menyampaikan ke Kamar Kelautan dan Perikanan untuk segera memprogramkan dengan memberi kemudahan mengurus surat kapal. Karena itu salah satu pegangan mereka,” jelas Asep Makmur.

Untuk ke depan, kata dia, pihaknya bakal melakukan sosialisasi Perda yang berhubungan dengan nelayan atau kemaritiman, untuk memberi pemahaman kepada masyarakat khususnya para nelayan.

“Kita sudah programkan Sosper. Insya allah akan memberi masukan berupa pengetahuan ke nelayan terkait bimbingan termasuk cara menangkap ikan yang tidak dengan merusak alam,” jelasnya.

Dorong Komoditi Lokal

Selain itu, Aleg Dapil Lampung Timur ini juga mendorong Pemerintah Provinsi untuk memasang brand untuk komoditi kekhasan Lampung, seperti Kopi, ikan teri dan lain-lain.

Seperti ikan teri produksi Lampung Timur. Ketika sudah diekspor ke luar Lampung khususnya ke Pulau Jawa, maka masyarakat Pulau Jawa akan menilai jika ikan teri tersebut berasal dari Medan, bukan Teri Lampung.

“Kita upayakan untuk membahas ini dengan Pemerintah Provinsi untuk bagaimana kita memberi brand tersendiri yang sebenarnya produksi asli kekhasan Lampung,” ucapnya.

Hal ini, menurutnya butuh pemikiran semua lini, dan Komisi II kata Asep, akan mendorong itu. (Red)