Bawaslu Lamtim Gelar Rapat Kerja Teknis Penanganan Pelanggaran Pemilihan Serentak Tahun 2024

PODIUM , LAMPUNG TIMUR , –Bawaslu Lampung Timur melakukan rapat kerja teknis fasilitasi penanganan pelanggaran pada pemilihan serentak tahun 2024 , yang di selenggarakan di Randu Mas Pugung Raharjo Kecamatan Sekampung Udik . Sabtu (29/6/2024).

Dalam acara tersebut hadir Komisioner Kordiv PPPS (Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa) Lampung Timur Hendri Widiyanto, S.H.Hadir juga Pemateri Dr.Budiono,S.H. M.H. Dr.Muhtadi, S.H. M.H. Chandra Bangkit.S.H.Sahabat Advokat, Rekan-rekan Media dan Panwaslu Kecamatan Kordiv PPPS beserta staff se-Kecamatan Lampung Timur .

Rapat tersebut dibuka oleh Anggota Bawaslu Kabupaten Lampung Timur yang menyampaikan beberapa hal mengenai potensi berbagai bentuk pelanggaran, terutama pelanggaran administratif yang paling berpotensi terjadi di setiap tahapan, terutama tahapan pencalonan peserta pilkada dan pemutakhiran data pemilih.

“Oleh karena itu, saya kira penting bagi teman-teman Panwaslu Kecamatan untuk benar-benar memahami alur penanganan pelanggaran yang sesuai dengan Undang-undang no 6 tahun 2020 dan Undangan-undang Perbawaslu no 8 tahun 2020. Rapat kerja teknis ini, digelar untuk memfasilitasi hal tersebut melalui kajian-kajian yang juga akan menjadi bagian dari kegiatan ini.” ujar hendri saat memberi sambutan dan membuka acara tersebut.

Lanjut Hendri harapan saya kepada seluruh anggota panwaslu se-Kecamatan Lampung Timur,supaya dapat lebih memahami teknis-teknis dalam melakukan pengawasan dan penanganan di lapangan untuk tingkat kecamatan ataupun desa selalu melakukan koordinasi dengan pihak PPK,PPS atau aparatur desa. Karena dalam melakukan pengawasan dan penanganan harus dilakukan secara bertahap dan berkesinambungan dengan menekankan pentingnya koordinasi antara pihak-pihak penyelenggara, aparatur desa beserta masyarakat setempat. Tutupnya. (Y.A.)