Begini Cara Sahabat Yatim Piatu dan Duafa Memaknai Tahun Baru Islam

PODIUM, BANDARLAMPUNG –  Sahabat Yatim Piatu dan Duafa (Sayap2) memberi santunan kepada 55 anak yatim piatu dan duafa di di Taman Wisata Wira Garden, Selasa (17/9).

Acara ini merupakan program rutin sejak berdirinya Sayap2. Kegiatan bertajuk Muharram bersama Yatim Duafa ini dilaksanakan dalam rangka menyambut dan memaknai datangnya tahun baru Islam 1 Muharram 1441 Hijriah.

Menurut pengurus Sayap2, Ubai Dillah, peringatan datangnya tahun baru islam harus dimaknai dan menjadi momentum guna merauk pahala sebesar-besarnya, dengan cara berbagi senyuman bersama anak yatim piatu dan duafa.

Diakuinya, terlaksananya acara tersebut terdapat tampur tangan sejumlah donatur yang telah menyisihkan rezeki dan tenaga.

“Alhamdulillah, berkat donatur juga kami bisa menyelenggara acara ini, dan hasilnya kami telah menyelurkan sejumlah bentuk bantuan seperti uang tunai,” ujar dia.

Sementara, pria aktab disapa Ubay menjelaskan, bahwa Bulan Muharram merupakan satu diantara empat bulan haram dalam Islam. Haram di sini memiliki arti sebagai waktu yang diharamkan menzalimi diri dan berbuat dosa.

Hal ini sesuai dengan firman Allah SWT dalam QS At-Taubah ayat 36 :

{ إِنَّ عِدَّةَ الشُّهُورِ عِنْدَ اللَّهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْراً فِي كِتَابِ اللَّهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ مِنْهَا أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ذَلِكَ الدِّينُ الْقَيِّمُ فَلا تَظْلِمُوا فِيهِنَّ أَنْفُسَكُمْ }

“Sesungguhnya bilangan bulan di sisi Allah adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya ada empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu di keempat bulan itu” (QS At-Taubah: 36).

Bagi umat Muslim, rupanya ada beberapa amalan bulan Muharram sesuai sunnah Rasulullah Muhammad yang bisa dikerjakan, seperti Puasa Sunnah Asyura, Puasa Tasu’a, dan melakukan sejumlah amalan Sunnah lainya.

Diakhir dia berharap, jika terdapat donatur yang ingin menyalurkan sedikit rezeki yang telah diperolah, pihaknya siap menerima mandat itu, melalui via Rekening Sayap2: BRI Syariah 1033337759 an Deyla Lufita.(*)