Besok, Arinal Launching Smart School Lampung Berjaya

PODIUM, BANDARLAMPUNG, -Gubernur Lampung Arinal Djunaidi akan melounching program Smart School Lampung Berjaya di Gedung Serba Guna (GSG) pada Senin (16/12).

Program ini pengembangan dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan provinsi Lampung sekaligus membuat Bumi Ruwa Jurai menjadi provinsi pertama yang meresmikan Layanan pendidikan berbasis Teknologi Informasi Komputer.

Kepala Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Provinsi Lampung, Sulpakar menjelaskan bahwa program ini merupakan pengembangan dari aplikasi rumah belajar dengan menggandeng Pusat Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Pustekom) Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan RI.

“Smart School Lampung Berjaya ini akan mengusung aplikasi berbasis android yang berisi konten layanan pendidikan. Aplikasi ini bisa didapat melalui aplikasi Playstore di android,”kata Sulpakar, Sabtu (14/12).

“Aplikasi ini bisa diakses oleh siswa, guru dan tenaga kependidikan. Karena kami telah melakukan pelatihan operator, baik tingkat provinsi, kabupaten/kota bagi siswa dan guru penggerak, “ujar dia.

Dalam aplikasi tersebut, kata dia, terdapat kegiatan belajar mengajar dan evakuasi dengan merangkum semua mata pelajaran.

Selain itu, aplikasi itu juga terdapat berbagai karya guru dan siswa serta layanan online administrasi atau E-administrasi.

“Ini sebagai bentuk transparansi dan keterbukaan layanan pendidikan,”ungkap dia.

Berkat dukungan dari guru, kepala sekolah dan masyarakat yang menginginkan kemajuan di bidang pendidikan. Maka, terbentuklah program ini sehingga bersifat mandiri, lantaran belum dianggarkan di Anggaran Pendapatan Dan Belanja Daerah (APBD). (Red)