Bupati Lamsel Buka Kegiatan Bimtek Peningkatan Kapasitas Aparatur Pemdes Se-Lampung Selatan

PODIUM, LAMPUNG SELATAN, – KALIANDA, Diskominfo Lamsel – Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto membuka kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Peningkatan Kapasitas Aparatur Pemerintahan Desa se-Lampung Selatan Tahun Anggaran (TA) 2022.

Kegiatan ini dirangkai dengan pelantikan pengurus DPC APDESI Lampung Selatan masa bakti 2022-2027 oleh Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) APDESI Provinsi Lampung H. Suhardi Buyung, S.Sos, M.M., yang berlangsung di Aula Sebuku, Rumah Dinas Bupati, Jum’at (10/6/2022).

Pelantikan ini berdasarkan Keputusan Dewan Pimpinan Daerah Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia Provinsi Lampung Nomor 012/Kep/DPD_APDESI/LPG/I/2022 Tentang Pengesahan Pengurus Dewan Pimpinan Cabang Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia Kabupaten Lampung Selatan Masa Bakti 2022-2027.

Pada kesempatan itu, Nanang Ermanto mengucapkan selamat kepada jajaran pengurus APDESI Lampung Selatan masa bakti 2022-2027 yang baru saja dilantik, dirinya berharap APDESI dapat menjadi penggerak perubahan di masing-masing desa.

Menurut Nanang Ermanto, APDESI adalah organisasi profesi yang dapat dijadikan sebagai wadah, untuk menyatukan kebersamaan dan kekompakan untuk memajukan daerah, melalui gagasan dan ide para kepala desa.

“Saya mengucapkan selamat kepada saudara sauadra semua yang hari ini resmi dilantik sebeagai pengurus Apdesi. Ini luar biasa, kalau ketua APDESI, APDESI ini adalah suatu kekuatan, wadah untuk meningkatkan persatuan kesatuan guna kemajuan daerah. Alhamdulillah yang hadir 256 desa, kepala desa ini adalah pilihan takdir dari Allah SWT,” ujarnya.

Nanang Ermanto juga berpesan, agar APDESI dapat menggali dan memaksimalkan potensi-potensi yang ada diwilayahnya, serta mampu menjalin kerjasama yang baik dengan semua pihak terkait, dalam membangun Kabupaten Lampung Selatan.

“Bagaimana APDESI ini bisa besar, menggali potensi desa wisata, Desa UMKM untuk bagaimana kita mensejahterakan masyarakat. Bukan hanya pembangunan insfrastruktur, tapi juga pembangunan sosial. Apa gunanya pembangunan infrastruktur, tapi anak-anak kita stunting, putus sekolah,” ujarnya lebih lanjut.

Sementara, Ketua DPC APDESI Lampung Selatan, Herry Putra S.Pd., M.M. dalam sambutannya mengapresiasi capaian pembangunan, yang dilaksanan oleh Bupati Lampung Selatan bersama dengan jajaran pemerintahan daerah.

Dirinya juga menyatakan, APDESI siap mendukung kebijakan pemerintah daerah dan siap bersinergi dengan program-program pembangunan fisik dan nonfisik, guna kemajuan Kabupaten Lampung Selatan yang lebih baik.

“Pembangunannya luar biasa, terutama dalam infrastruktur dan pendidikan. Ditengah-tengah pelantikan ini, saya mengharapkan kita sama-sama akan membangun Lampung Selatan bersama Bupati H. Nanang Ermanto, bersinergi. Saya juga mengimbau dan mengingatkan kepada seluruh Kades, tugas kita adalah membangun di desa kita masing-masing,” ungkapnya.

Hal senada juga dikatakan oleh Ketua DPD APKASI Provinsi Lampung Suhardi Buyung, dirinya mengatakan bahwa APKASI merupakan perpanjangan tangan dari Kabupaten ke desa, sehinggadapat memudahkan komunikasi dan tukar pengalaman antar desa, Kabupaten dan antar Provinsi.

“Kita ini sebagai anak, secara otomatis Bupati Lampung Selatan lah sebagai pembina APDESI Lampung Selatan. Jadi kita sebagai anak harus patuh dan taat kepada orang tua, dalam artian kita harus bersama-sama, bergotong royong membantu Bupati untuk memajukan dan membangun Lampung Selatan,” tutur Ketua DPD APKASI Provinsi Lampung. (ptm/nsy/Hsn).