Bupati Tanggamus Ikuti Sosialisasi Program Pertashop di Lampung

PODIUM, TANGGAMUS, -Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani, menghadiri Sosialisasi Petunjuk Teknis Program Pertashop di Provinsi Lampung Kerjasama dengan Kementerian Dalam Negeri dengan PT. Pertamina, di Ballroom Hotel Novotel, Bandarlampung, Selasa (27/10/2020).

Hadir dalam kegiatan tersebut, Direktur Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri RI Nata Irawan, Direktur Pemasaran Regional Subholding Comersial and Trading PT. Pertamina Jumali, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, Direktur Utama Bank Lampung Presley Hutabarat, serta para Bupati/Walikota, Sekda dan Kepala Dinas PMD se Provinsi Lampung.

Gubernur Arinal dalam sambutannya mengapresiasi Kementerian Dalam Negeri dan Pertamina, yang sudah menginisiasi adanya Pertashop di wilayah pedesaan.

Menurut Gubernur hal tersebut selaras dengan Visi Rakyat Lampung Berjaya dan Misi ke-5 Pemprov Lampung, yaitu membangun kekuatan ekonomi masyarakat berbasis pertanian dan wilayah pedesaan yang seimbang dengan wilayah perkotaan.

“Mimpi Saya semua Petani di Lampung dapat menggunakan alat pertanian, seperti traktor, hand traktor, combine harvester, dan lain sebagainya, ntuk meningkatkan produktifitas pertanian. Dengan adanya Pertashop, saya yakin dapat lebih meningkatkan perekonomian di pedesaan terutama dimasa pandemi Covid-19 saat ini,” ujarnya.

Selanjutnya Dirjen Bina Pemdes Nata Irawan, dalam sambutannya mengatakan Pertashop bertujuan untuk mendekatkan kebutuhan produk pertamina ditingkat desa. Selain itu dengan adanya Pertashop diharapkan dapat meningkatkan jiwa entrepreneur masyarakat, dan merealisasikan program Desa Membangun yang saat ini diusung oleh pemerintah.

“Pertashop sendiri adalah lembaga penyalur resmi Pertamina dengan skala kecil untuk melayani kebutuhan BBM nonsubsidi, LPG nonsubsidi dan juga produk ritel Pertamina lainnya yang tidak atau belum terlayani oleh lembaga penyalur resmi,” jelas Nata.

Dalam kegiatan itu dilakukan juga Penyerahan Buku Petunjuk Teknis Program Pertashop oleh Dirjen Bina Pemdes Kemendagri Nata Irawan kepada Gubernur Lampung Arinal Djunaidi.

Kegiatan diisi dengan sosialisasi dan tanya jawab yang dimoderatori oleh Kasubdit Fasilitasi Penamaan dan Kode Desa Ditjen Bina Pemdes Adamenta, serta diikuti oleh 100 peserta secara virtual melalui zoom meeting dan disaksikan oleh lebih dari 250 peserta secara live melalui kanal Youtube Dinas Kominfo Provinsi Lampung.

Sementara Bupati Hj. Dewi Handajani usai kegiatan menyatakan bahwa dirinya menyambut baik adanya Program Pertashop di pedesaan. Karena membuka kesempatan berusaha bagi masyarakat di pedesaaan. Selain itu dengan keberadaan Pertashop akan membantu masyarakat dalam mendapatkan BBM dengan harga resmi Pertamina.

“Tentunya kami menyambut baik Program ini. Mudah-mudahan ini membantu masyarakat yang akan berusaha untuk menjadi agen Pertashop, serta masyarakat di pedesaan dapat membeli BBM dengan harga resmi Pertamina, sehingga biaya produksi dan transportasi dapat lebih murah.” ujar Bupati. (*)