Catat, Ini Syarat Jadi Anggota PPS Way Kanan

PODIUM, WAYKANAN,  – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Way Kanan melaksanakan perekrutan Panitia Pemunungutan Suara (PPS) untuk Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Way Kanan tahun 2020. Perekrutan berlangsung di aula KPU setempat, Kamis (20/2/2020).

Ketua KPU Way Kanan, Refki Darmawan mengatakan, perekrutan ini sebenarnya telah berjalan selama tiga hari sejak Selasa (18/2/2020), di mana pelaksanaan perekrutan berdasar Surat Keputusan KPU RI Nomor 66 tahun 2020.

Sementara kebutuhan anggota PPS sendiri membutuhkan sebanyak 681 anggota. Setiap Tempat Pemungutan Suara akan ada tiga anggota PPS.

Refki menambahkan, sedangkan untuk pemenuhan persyaratannya sendiri yakni usia minimal 17 tahun, lulusan SLTA/sederajat, berdomisili di tempat kerja, fotocopy KTP elektronik, fotocopy ijazah yang telah dilegalisir, dan surat izin dari pemimpin perusahaannya bagi yang telah bekerja.

Para peserta juga harus melengkapi surat pernyataan yang sudah di siapkan oleh panitia.

“Untuk penerimaan anggota PPS ini terbuka untuk umum, jadi semua bisa mendaftar asalkan memenuhi persyaratan yang telah ditentukan dan tidak terlibat tim politik atau tim sukses, untuk pendaftaran bisa langsung dilakukan di KPU Way Kanan. Lebih jelasnya dapat dilihat di web, http://kpu waykanan.go.id/category/pengumuman,” jelasnya.

Sementara itu, Koordinator Bidang Divisi SDM KPU Way Kanan, Tri Sudarto menambahkan, Setelah seleksi berkas dan calon anggota PPS yang dinyatakan lulus seleksi berkas, selanjutnya calon anggota PPS mengikuti tes tertulis dengan sistem berbasis gugur yang akan dilakukan serentak pada tanggal 1 Maret 2020 mendatang di 14 Kecamatan yang ada di Way Kanan.

Sedangkan untuk materi yang akan diujikan yaitu, tugas pokok dan fungsi TPS di mana keseluruhan soalnya ada 100 butir soal pilihan ganda yang akan dibagi menjadi dua paket yaitu paket A dan B.

“Jadi bagi calon anggota PPS yang ingin lolos menjadi anggota PPS maka giatlah belajar untuk menghadapi tes ini, dan persiapkan diri sebaik mungkin agar dapat menjawab soal-soal yang akan dihadapi nanti,” pesannya.(JM)