Cegah Penyebaran Covid-19, Arinal Kaji Penutupan Tol Setelah Pemberlakuan Larangan Mudik

PODIUM, BANDARLAMPUNG, – Gubernur Lampung Arinal Djunaidi menyatakan akan segera melakukan kajian terkait pelarangan mudik yang berlaku mulai Jumat (24/4) besok.

Namun, Arinal menyetujui, jika Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS) ditutup selama mudik Lebaran 2020 guna mencegah penyebaran virus corona, mengingat Lampung telah dikepung daerah zona merah Covid-19.

“Kita juga akan menutup jalan tol di Lampung selama mudik Lebaran. Karena Lampung ini telah dikepung provinsi berzona merah dan telah melakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Di Jawa jalan tolnya akan ditutup, termasuk di Lampung,” jelasnya, Selasa (21/4/2020).

Untuk itu, dalam waktu dekat, pihaknya akan memanggil pengelola JTTS agar mengawasi lalu lintas di sana agar tidak menimbulkan masalah.

“Presiden telah memberikan arahan dalam mengatasi pandemi virus corona. “Jadi harus kita kerjakan bersama-sama,” kata gubernur.

Jokowi sendiri mengumumkan soal larangan mudik bagi seluruh warga Indonesia ini kemarin setelah membuka rapat terbatas.

Jokowi menjelaskan, keputusan melarang mudik tersebut diambil usai pemerintah melakukan pelarangan mudik bagi para pekerja di instutusi pemerintahan yakni aparatur sipil negara (ASN) dan juga jajaran TNI/Polri.

Kemudian pemerintah juga melakukan sejumlah kajian dan juga pendalaman langsung di lapangan.

Kementerian Perhubungan diklaim juga telah melakukan survei terkait dengan pelarangan mudik tersebut.

Menurut survei tersebut, masih ada 24 persen warga Indonesia yang akan tetap mudik. (Red)