Cegah Penyebaran Covid -19, Polda Lampung Sekat Pelabuhan Bakauheni

PODIUM, LAMPUNGSELATAN,- Polda Lampung makin ketat melakukan penyekatan terhadap kendaraan maupun penumpang yang hendak melintas ke Pulau Jawa di Seaport Interdiction Pelabuhan Bakauheni Lampung Selatan.

“Saya telah melakukan koordinasi di Pelabuhan Bakauheni dengan pihak terkait yaitu ASDP, angkutan, dinas perhubungan, kemudian BPTJ pengelola jalan tol, dan pihak-pihak lain yang berkepentingan, terkait penyekatan tersebut, ” kata Kapolda Lampung Irjen Purwadi Arianto, di Bakauheni, Lampung Selatan, Senin (27/4).

Ia mengapresiasi masyarakat pengguna layanan pelabuhan penyeberangan terutama yang menggunakan kendaraan dengan kesadaran sendiri berputar balik ke daerah asal dan tidak melanjutkan perjalanan.

Pihaknya memberikan penjelasan kepada mereka dengan cara persuasif. Sebanyak 18 kendaraan yang berbalik arah setelah mendapatkan penjelasan dari petugas.

“Personel kami dibantu oleh TNI memberikan penjelasan dengan cara yang humanis kepada masyarakat maupun pengendara yang masih saja melintas. Memang ada beberapa yang dikecualikan seperti petugas keamanan, logistik, dan kemungkinan nanti ada TKI yang ingin pulang akan dibantu tetapi dengan catatan setelah terdaftar di sini langsung berstatus ODP sesuai dengan protokol kesehatan yang telah ditentukan,” katanya.

Ia juga meminta masyarakat mematuhi protokol kesehatan dengan jaga jarak, menggunakan masker, cuci tangan, dan hindari pertemuan, serta jaga diri dan jaga keluarga.

Sebelumnya Polda Lampung telah menetapkan tujuh titik penyekatan di Provinsi Lampung, yakni:

  1. Pos Bakau penyekatan dari / ke Pulau Jawa, di Lampung Selatan.
  2. Pos Pelabuhan Panjang, dari dan ke Jakarta / Semarang di Pelabuhan Panjang, Bandar Lampung.
  3. Pos Pelabuhan Bandar Bakau Baru dari / ke Jakarta, di Lampung Selatan.
  4. Pos Krui dari / ke Provinsi Bengkulu, di Pesisir Barat.
  5. Pos Sukau dari / ke Oku Selatan Sumatera Selatan, di Lampung Barat.
  6. Pos Way Tuba dari / ke Oku Timur Sumatera Selatan, di Way Kanan.
  7. Pos Simpang Pematang dari / ke Sumatera Selatan, di Mesuji.(Red)