Cegah Peredaran Narkotika, Lapas Kalianda Galang Sinergitas Bersama Polres Dan BNN

PODIUM, LAMPUNGSELATAN,- Mencegah lebih baik daripada menanggulangi. Ungkapan itu yang menjadi landasan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA melakukan kolaborasi dengan Badan Narkotika Nasional dan Kepolisian Resor Lampung Selatan, Selasa (16/6).

Hal itu dilakukan untuk menindak lanjuti arahan dari Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Dirjen PAS) tentang Deteksi Dini, Penanggulangan Narkoba, dan Sinergitas dan Kolaborasi dengan Aparat Penegakan Hukum di Lapas dan Rutan.

Kepala Lapas Kalianda, Tetra Destorie menuturkan bahwa kegiatan koloborasi ini merupakan program yang penting sebagai upaya pencegahan peredaran Narkotika di Lapas dan Rutan di Indonesia.

Sebab, dengan adanya kesolidan diantara penegak hukum, akan semakin mudah dalam mendeteksi peredaran Narkoba di daerah-daerah, terutama di Lampung Selatan. Sehingga pada akhirnya, Narkotika akan sulit masuk ke Lapas Kalianda.

“Dengan Penggalangan Sinergitas antara kita sebagai penegak hukum di Lampung Selatan, maka akan semakin dipermudah dalam berkoordinasi dalam mencegah peredaran Narkotika terutama di Lapas Kalianda,” terang Kalapas Kalianda.

Oleh karena itu, imbuhnya, kesolidan juga harus dipelihara dan harus intens agar bisa fokus ke pencegahan peredaran narkotika yang merupakan tujuan utamanya.

Ia berharap, dengan adanya tindaklanjut dari arahan Dirjen PAS tentang Deteksi Dini, penanggulangan narkoba, dan sinergitas serta kolaborasi dengan Aparat Penegakan Hukum akan mempersempit ruang gerak pelaku pengedar Narkotika di Lapas dan Rutan.

“Mudah-mudahan dengan adanya arahan dari Dirjen Pemasyarakatan bisa bermanfaat mencegah Narkotika masuk ke Lapas Kalianda,” Tandas Tetra Destorie. (HSN)