Condrowati : Pisang Bisa Cegah Covid -19

PODIUM, BANDARLAMPUNG, – Anggota Komisi V DPRD Lampung, Budi Condrowati, memiliki cara agar terhindar dari paparan virus Corona.  Dia anjurkan untuk konsumsi buah- buahan, salah satunya pisang.

Dia menyebut, meskipun virus tersebut sudah masuk Indonesia. Masyarakat tak perlu panik, walupun virus covid-19 kini ditetapkan sebagai pandemi global.

Untuk mencegah terpapar virus yang berasal dari cina ini, masyarakat harus menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat. Dan konsumsi buah pisang.

“Meski sudah masuk Lampung, masyarakat jangan panik. Budayakan hidup sehat dan banyak konsumsi buah-buahan, terutama buah pisang, Jambu merah. Berdasarkan hasil penelitian buah pisang ini cukup lengkap unsur-unsur yang dikandung di dalamnya, mampu meningkatkan kemampuan antibodi kita,” kata Wakil ketua Bidang pembangunan manusia dan kebudayaan DPD PDIP Provinsi Lampung, Senin (16/3/2020).

Selaian konsumsi buah, Politisi PDIP ini juga menganjurkan untuk minum rebusan rempah (empon-empon). Memiliki kandungan kurkumin yang bisa membuat daya tahan tubuh kuat dan dapat mengeluarkan virus dari dalam tubuh.

“Rebusan rempah seperti, jahe temulawak, jahe, kencur juga bisa menjadi untuk menjaga daya tahan tubuh. Selain itu bisa juga dengan rebusan daun sirih atau daun kelor cukup baik untuk mencegah segala macam penyakit,” kata dia.

Dia  juga merespon kebijakan pemerintah Provinsi Lampung, terhadap upaya memotong mata penularan virus corona dengan belajar di rumah bagi pelajar.

“Langkah yang diambil ini oleh pemerintah selama dua minggu kedepan sebagai masa inkubasi, untuk melihat kondisi dan situasi daerah terkait perkembangan virus corona akhir-akhir ini,” kata dia.

Dia mengharapkan instasi pemerintah, menerapkan standart kesehatan, seperti pengecekan suhu, disediakan hand sanitezer disetiap ruangan.

“Bedasarkan hasil rapat pimpinan, kita meminta gubernur tidak meliburkan ASN, tetapi membuat standar protokol kesehatan disetiap kantor Pemerintahan,” katanya. (Red)