Dandim 0421/Ls Terima Sosialisasi Penerimaan Komcad Secara Virtual

PODIUM, LAMPUNG SELATAN, – Kolonel Inf Edwin S.E (Kasi Pers 043/Gatam) mulai menggelar sosialisasi program Komponen Cadangan atau Komcad Matra Darat guna memperkuat kekuatan TNI dalam menjaga pertahanan Negara. Kegiatan ini dibuka langsung oleh beliau yang dilaksanakan di Makodim 0421/Ls , Selasa (12/04/22)

Diadakan secara virtual serentak di ikuti oleh seluruh satuan jajaran Korem 043/Gatam, dengan menghadirkan pejabat pejabat jajaran Korem 043/Gatam.

Dalam hal ini Dandim 0421/Ls, Letkol Inf.Fajar Akhirudin SIP.M.si, mengikuti sosialisasi Komponen Cadangan yang di pimpin langsung
oleh Kolonel Inf Edwin S.E (Kasi Pers 043/Gatam) dan dihadiri oleh seluruh jajaran Dandim yang ada di bawah Korem 043/Gatam

Dalam sambutannya, Kolonel Inf Edwin S.E (Kasi Pers 043/Gatam) mengatakan, pembentukan Komponen Cadangan merupakan agenda pemerintah yang sangat penting dan strategis untuk meningkatkan Pertahanan Negara sesuai Program Kementerian Pertahanan RI dalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional (PSDN).

Program ini terbuka bagi Warga Negara Indonesia berusia 18-35 tahun yang ingin secara sukarela menjadi Tentara Cadangan. Keberadaan Komcad tertuang dalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2019 tentang PSDN dan Peraturan Pemerintah Nomor 3 Tahun 2021 sebagai peraturan pelaksanaannya.

Lebih lanjut dikatakan pembentukan Komcad ada beberapa syarat dan ketentuan nya

Adapun syarat menjadi anggota Komponen Cadangan sebagai berikut :

– Beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa;
– Setia pada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945;
– Usia 18 tahun – 35 tahun;
– Sehat jasmani dan rohani dan Tidak memiliki catatan kriminalitas yang dikeluarkan secara tertulis oleh Kepolisian Negara Republik Indonesi.

– Persyaratan lain dalam seleksi penerimaan Komponen Cadangan :

– Laki-laki bukan anggota prajurit TNI/Polri
– Berijazah min SMP/sederajat, SMA/sederajat
– Bagi Mahasiswa atas persetujuan rektor/dekan
– Bagi ASN hrs mendapat izin dari HRD
– Bersedia dimobilisasi di seluruh wilayah NKRI
– Mengikuti seleksi yg diselenggarakan oleh panitia (Administrasi dan kompetensi)
– Untuk diterima Komcad pendaftaran secara Online di website komcad.kemhan.go.id dan Pendaftaran Fisik di Koramil masing-masing.
– Tiap Koramil 10 orang
– Pendaftaran Secara Fisik dan Seleksi Administratif
– Seleksi Kompetensi
– Latsarmil atau Pelatihan Dasar Kemiliteran.(Humas/Hsn).