Deni Ribowo Nahkodai FRB Lampung

PODIUM, BANDARLAMPUNG, –Anggota Komisi V DPRD Lampung Deni Ribowo secara resmi menjabat sebagai ketua Forum Relawan Bencana (FRB) Lampung periode 2022-2024.

FRB yang dibentuk oleh BPBD Lampung merupakan wadah untuk mengkonsolidasikan para relawan.

“Forum ini memberikan identitas dan registrasi lengkap kepada relawan,” kata Ketua FRB Lampung, Deni Ribowo, Kamis (23/12/2021).

“Karena terkadang para relawan mendapat kendala di lokasi bencana ada penolakan dari beberapa pihak,” kata dia.

FRB diharapkan bisa memberikan sistim dalam melaksanakan kegiatan kebencanaan. Misalnya, untuk antisipasi pasca bencana.

Kemudian, sebagai potensi SAR untuk memback-up Basarnas dalam melakukan pencarian dan pertolongan.

Selain itu, diharapkan bisa membantu BPBD yang melaksanakan manajemen posko atau dapur umum.

“Relawan ini diharapkan menjadi ujung tombak pencarian atau pertolongan yang hadir ditengah-tengah bencana dalam melaksanakan misi kemanusiaan di Lampung,” ujar dia.

Dilain sisi, FRB Lampung merupakan bentuk hadirnya negara untuk membantu masyarakat dalam melakukan penanggulangan bencana di Bumi Ruwa Jurai.

“FRB BPBD hadir di propinsi Lampung dimaksudkan sebagai media komunikasi dan koordinasi individu atau lembaga maupun organisasi relawan sebagai pemangku kepentingan penyelenggaraan penanggulangan bencana,” kata Deni.

“FRB diharapkan dapat mendorong terwujudnya sumber daya manusia ataupun relawan dengan kapasitas yang berdayaguna dan berkontribusi nyata dalam penyelenggaraan penanggulangan bencana di Bumi Ruwa Jurai,” ujar dia. (DN)