Didampingi Sekda, Nanang Ermanto Menerima Audiensi BPS Lamsel

PODIUM, LAMPUNG SELATAN, – KALIANDA, Diskominfo Lamsel – Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto menerima Audiensi Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Lampung Selatan di ruang vicon, Rumah Dinas Bupati setempat, Jum’at (8/4/2022).

Hadir mendampingi Nanang Ermanto dalam audiensi tersebut, Sekretaris Daerah Lampung Selatan Thamrin, Inspektur Lampung Selatan Anton Carmana.

Mengawali pertemuan, Kepala BPS Lampung Selatan Arif Rahman Maulana menjelaskan mengenai maksud dan tujuan bertemu Bupati Lampung Selatan. Dimana, pihaknya ingin menginformasikan mengenai agenda kegiatan besar secara nasional, yaitu pendataan Sensus 2020 lanjutan.

“Sensus tersebut akan dilaksanakan dari 15 Mei hingga berakhir 30 Juni 2022. Lampung Selatan melibatkan kurang lebih 268 petugas yang akan dilatih selama 5 hari, target yang akan didata sekitar 14.320 kepala rumah tangga,” jelasnya.

Dirinya menuturkan, selain pendataan sensus 2020 lanjutan, BPS juga akan melaksanakan pendataan mengenai Sensus Pertanian 2023, meskipun kegiatan skala besarnya di 2023, tetapi dipertengahan Juni 2022 akan dilakukan persiapan kegiatan sensus pertanian 2023.

“Persiapan yang dilakukan antara lain, identifikasi terkait seluruh usaha-usaha pertanian yang ada di Kabupaten Lampung Selatan, untuk sebagai data yang akan dilakukan di 2023 nanti,” tutur Arif.

Arif Rahman Maulana juga menambahkan , kegiatan besar di 2022 selanjutnya, Pemutakhiran Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), yang nanti akan berkolaborasi antara BPS Lampung Selatan dengan Dinas terkait.

“Dengan adanya agenda besar ini diperlukan dukungan oleh Pemerintah Daerah, terutama Bupati Lampung Selatan yang memberikan statement dukungan itu. Kita juga nanti akan berkolaborasi dengan Dinas-Dinas terkait, seperti Dinas Sosias, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) serta Dinas terkait lainnya,” tambahnya.

Menanggapi hal tersebut, Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto mengatakan, akan mendukung kegiatan sensus yang akan dilaksanakan oleh BPS Lampung Selatan. Menurutnya, pendataan tersebut sangat penting untuk mendapatkan data kependudukan yang akurat.

“Sebelumnya saya ucapkan terimakasih kepada BPS yang telah bekerja keras mendata, kami mendukung program-program dari BPS, karena ini sangat dibutuhkan untuk pembangunan Kabupaten Lampung Selatan. Saya juga akan mengajak seluruh masyarakat dan pelaku usaha pertanian, baik perusahaan maupun rumah tangga, untuk menyukseskan Sensus Pertanian 2023,” ujarnya. (Nsy/HSN).