Dinkes Tuba Gelar Rapat Zoom Meeting Cegah DBD

PODIUM, TULANGBAWANG, – Dinas kesehatan Tulang Bawang adakan rapat zoom meeting yang di ikuti puskesmas dan Camat Se-kabupaten tuba tentang pencegahan merebaknya wabah Demam Berdarah (DBD). Di ruang rapat kantor Dinkes setempat. Senin (24/01)

Demam Berdarah Dengue (DBD) merupakan salah satu penyakit yang perlu diwaspadai karena dapat menyebabkan kematian dan dapat terjadi karena lingkungan yang kurang bersih.

Berbagai upaya dilakukan untuk mencegah merebaknya wabah DBD. Salah satu caranya adalah dengan melakukan PSN 3M Plus.

Selama ini Puskesmas sudah mensosialisasikan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) 3M plus, pembagian abate, gerakan 1 rumah 1, jumantik untuk pencegahan DBD dan dari Promosi Kesehatan dan Penyuluhan kesehatan masyarakat juga sudah mensosialisasikan PHBS (Prilaku Hidup Bersih dan Sehat)

Melihat merebaknya wabah DBD saat ini kadis kesehatan Fathoni menegaskan perlu di tingkat kan dalam promosi kesehatan dan penyuluhan dengan masyarakat.

“Mulai besok, melaui Camat adakan Gotong Royong setiap kampung, agar masyarakat bersih2 di rumah dan di lingkungan rumah masing2 agar jangan sampai ada air tergenang tempat nyamuk bersarang.” Pinta kadis.

Sambungnya, Bila tidak ada jentik maka tidak ada nyamuk aedes aegypti (nyamuk DBD). maka tidak ada kasus DBD. fogging kurang efisien mencegah DBD karena hanya membunuh nyamuk dewasa sedangkan jentik nyamuk tidak tersentuh oleh pengasapan.” Jelasnya.

Iya juga menambahkan bila ada yang kena DBD yang di tangani oleh Rumah Sakit dan Puskesmas dan di laporkan ke Dinkes Tuba.

Peran serta masyarakat dalam pencegahan DBD sangatlah penting yaitu dengan gotong royong bersih2 di Desa masing2. Demikian yang perlu di lakukan bersama.” Tutupnya. (Den)