Ditengah Wabah Corona, Apriliati Siap Edukasi Warga Lewat Sosper dan Reses

PODIUM, BANDARLAMPUNG, – Lusa, ke delapan puluh lima Legislator DPRD Lampung kembali turun ke Dapil dalam agenda Sosialisasi Perda.

Meski wabah pandemik Covid-19 belum hilang dari Bumi Tanah Lada, semangat para anggota Dewan Provinsi Lampung untuk turun Dapil menyapa dan memberikan edukasi ke masyarakat patut diacungi jempol.

Seperti halnya Ketua Fraksi PDI-P DPRD Provinsi Lampung, Aprilliati. Meski, Provinsi Lampung saat ini sedang dilanda bencana wabah virus Corona yang telah menjadi kejadian luar biasa, Srikandi PDI-P Lampung ini mengaku tergerak hatinya untuk memberikan edukasi serta sedikit bantuan kepada masyarakat dalam agenda Sosper maupun reses.

“Insyaallah lusa kita akan turun ke dapil dalam agenda Sosper, dan dilanjutkan esoknya hingga tanggal 23 April dalam agenda Reses. Sesuai juklak dan juknis serta peraturan dari Mendagri bahwa reses itu adalah kegiatan yang wajib dilakukan oleh setiap anggota Dewan, serta menjadi hak dari setiap masyarakat,” ungkap anggota DPRD dua periode itu, Senin (13/04).

Saat disinggung terkait penerapan kegiatan Sosper dan reses, Anggota Komisi V DPRD Lampung ini kembali menegaskan bahwa pola dan sistem dalam kegiatan tersebut, harus disesuaikan dengan Protokoler kesehatan pencegahan dan penanggulangan Covid-19 dari pemerintah.

“Kalau sebelumnya kan kegiatan tersebut mengumpulkan sampai ratusan partisipan. Jadi saat ini harus disesuaikan dengan keadaan, serta tetap mengutamakan protokoler kesehatan dan pencegahan yang ada,” tegas anggota Komisi V DPRD Provinsi Lampung tersebut.

Untuk reses, kata Apriliati, dengan sistem door to Door bisa menjadi solusi tanpa harus mengumpulkan orang dalam jumlah banyak.

“Reses juga diatur dalam pasal 110 Peraturan DPRD no.1 tahun 2019 tentang Tatib DPRD Provinsi Lampung. Door to Door menurut saya kuga bisa menjadi alternatif dengan cara menggerakkan tim yang ada untuk disebar ke beberapa titik agar para konstituen tetap terjamah,” tambahnya. (Red)