Fahrizal Hadiri Rapat Pleno Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah

PODIUM, BANDARLAMPUNG, -Gubernur Lampung Arinal Djunaidi yang di Wakili Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Fahrizal Darminti membuka TPAKD Provinsi Lampung.

Kepala Biro Perekonomian Setda Provinsi Lampung, Kepala Bagian BUMD & Lembaga Ekonomi, Rinvayanti, menjadi Moderator pada acara Rapat Pleno TPAKD (Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah) Provinsi Lampung Semester I Tahun 2021, bertempat di Swiss-belhotel, Bandar Lampung, Senin (06/09/2021).

Agenda Rapat Pleno yaitu evaluasi terhadap pelaksanaan program kerja TPAKD, serta laporan realisasi penyaluran KUR (Kredit Usaha Rakyat) d Provinsi Lampung.

Berdasarkan data yang bersumber dari Otoritas Jasa Keuangan Provinsi Lampung, juga data Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Lampung tercatat bahwa sampai dengan bulan Juni 2021 dari target penyaluran KUR sebesar Rp 6,08 Triliun telah terealisasi sebesar Rp 3,7 Triliun atau 61,64%. Mengingat kini telah memasuki bulan September 2021 tentu jumlah tersebut capaiannya lebih tinggi.

Gubernur Lampung dalam sambutan yang disampaikan oleh Sekretaris Daerah Provinsi Lampung menghimbau semua pihak untuk melakukan langkah-langkah proaktif dalam memfasilitasi KUR bagi masyarakat.

Ruang lingkup penerima manfaat KUR agar diperluas tidak hanya bagi pelaku UMKM, tetapi juga diarahkan untuk pelaku ekonomi di sektor-sektor produktif seperti petani, peternak dan nelayan, sehingga tidak ada lagi kendala permodalan dalam pengembangan usaha. (*)