Fraksi PDI-P Tagih Janji Arinal

PODIUM, BANDARLAMPUNG, – Fraksi PDIP Lampung mendukung Gubernur Arinal Djunaidi untuk mengembalikan master plan kota baru ke versi awal atau versi di zaman mantan Gubernur Lampung Sjachroedin ZP.

Anggota Fraksi PDIP Lampung, Watoni Noerdin menceritakan, pemindahan pusat pemerintahan digagas awal oleh Sjachroedin ZP yang awalnya berlokasi di Kecamaatan Natar, Lampung Selatan.

“Tapi akhirnya disepakati dipindahkan ke Jati Agung, Lamsel. Begitu dilihat dari peta udara, memang Jati Agung sangat strategis untuk dijadikan sebagai pusat pemerintahan baru Provinsi Lampung. Jati Agung sangat strategis sebagai pintu Kabupaten Lampung Timur, Metro, dan Lamsel itu sendiri serta bagus dari sisi ekonomi dan mobilitas pemerintahan,” kata Watoni saat diwawancarai, Selasa (25/2/2020).

DPRD Lampung sebelumnya sambung Anggota Komisi I ini, menolak untuk pemindahan pusat pemerintahan. Namun setelah mendengar penjelasan dari pemprov akhirnya disepakati dan dibuatkan Perda Pemindahan Pusat Pemerintahan Lampung di Kota Baru.

“Diantaranya alasan mengurai kemacetan dan mempercepat dari sisi pembangun kab/kota. Kita bicara dengan para ahli dari Unila dan manfaatnya bagus, lalu kami buatkan Perda. Setelah Perda selesai kami konsultasikan kepada Kemendagri. Mendagri menyetuji, dan memberikan masukan agar didalam Perda dibuatkan lampiran, master plan, tukar guling lahan, dan keputusan menteri,” terang dia panjang lebar.

Tapi sayang, tegas dia, dizaman kepemimpinan Ridho Ficardo, pembangunan kota baru dihentikan dengan alasan tidak ada izin dari pemerintahan pusat, padahal sudah ada dalam lampirannya.

“Saat ini anggaran perubahan master plan sudah dianggarkan oleh pemerintahan Arinal sebesar Rp 500 juta, dan kami meminta agar gubernur untuk mengembalikan master plan seperti semula. Serta meminta gubernur untuk melibatkan DPRD dalam kajian master plan,” ucapnya.

Selain itu, kami juga meminta Arinal untuk meneruskan pembangunan kota baru sesuai janji politik dia, terutama saat  Arinal menjalani fit and proper test di DPD PDIP sebagai calon gubernur lalu.

“Makanya kita dukung Arinal untuk melanjutkan pembangunan kota baru,” tutupnya. (Tim)