Frans Agung MP : Generasi Millenial Mesti Paham Iptek Dan Jangan Gaptek

PODIUM, BANDARLAMPUNG
Ketua Umum Ikatan Alumni (IKA) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik  (FISIP) Universitas Lampung (Unila) Frans Agung Mula Putra memberi motivasi dan berkenalan langsung dengan mahasiswa-mahasiswi baru FISIP Unila.

Hal ini disampaikan Frans Agung MP dalam kegiatan Program Orientasi Pendidikan Tinggi (Propti) atau kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) di Mimbar Mahasiswa Fisip Universitas Lampung, Kamis, (16/8).

Dihadapan kurang lebih tujuh ratusan mahasiswa-mahasiswi baru Fisip Unila tersebut Frans berharap dan berpesan agar adik tingkat nya dapat mempergunakan waktu dengan hal yang baik.

“Selama kuliah di FISIP UNILA silakan adik-adik memperoleh nilai setinggi-tingginya.Tapi, jangan lupa untuk meluaskan wawasan melalui organisasi internal maupun eksternal kampus,”ungkapnya.

Para mahasiswa-mahasiswi, kata Agung, adalah Generasi Millenial yang harus paham IPTEK dan jangan Gaptek.

Banyak orang paham akan teknologi seperti gadget. Tetapi, peruntukannya, kata dia, bukan untuk menjadi manusia yang autis, asyik dengan dunianya sendiri, atau bahasa saat ini disebut dengan Phubbing (sibuk maen HP sendiri) sehingga melupakan lingkungan sekitarnya.

“Sampai-sampai dengan dosennya sendiri bisa gak tahu orangnya, bisa gak tahu namanya. Ini berbahaya, sementara mahasiswa itu harus peka dengan lingkungan sekitarnya. Jadi jauhi itu Phubbing,”harap mantan Anggota DPR RI ini.

Masih sambung politisi muda Nasdem Lampung ini melalui organisasi dapat memperkuat jaringan antar mahasiswa internal maupun eksternal.

“Sesama mahasiswa FISIP Unila jangan sampai karena perbedaan jurusan dan program studi, kita berselisih paham yang menyebabkan keributan. Mari kita saling mensupport kawan kita meskipun lulus tidak berbarengan,”ungkapnya.

“Karena di Unila ada 4 kali wisuda, dan berorganisasilah tidak hanya di kampus tapi antar kampus pun di perluas,”kata Anak Mantan Bupati Tulang Bawang Abdurrachman ‘Mance’ Sarbini ini.

Di tempat yang sama Sekretaris Umum (Sekum) IKA FISIP Unila, Ade Rahmatullah, menjelaskan tentang kegiatan dan organisasi yang bisa dipilih oleh para mahasiswa sesuai dengan hobi, kesukaan dan kreativitas yang dipilih.

“Untuk Organisasi silahkan di pilih, kembangkan bakat, hobi dan keterampilan adik-adik. Mulai lah berorganisasi selain belajar mencari pengetahuan pengalaman dan juga ilmu bermasyarakat,”jelasnya.

“Jadilah pemenang disetiap ajang kegiatan, bukan dengan cara menerjang atau menginjak lawan, jadilah pemenang yang elegant karena memang kalian memiliki kapasitas,”ucapnya.

Jika mau menjadi kaum Intelektual, kata dia, maka harus memiliki 3 (tiga) Kriteria, pertama, intelektual yang handal dalam bidang yang ditekuninya. Kedua, intelektual yang bermoral. Ketiga, intelektual yang peka sosial.

“Kampus sebagai lingkungan akademik menuntut adik-adik sekalian memposisikan diri sebagai makhluk intelektual yang tak pernah berhenti membangun dan mendandani diri dengan pengetahuan. Oleh sebab itu, tugas adik adik sekalian sebagai mahasiswa adalah bergulat dengan pengetahuan,” tegasnya.

Untuk di ketahui dalam agenda Propti ini, turut hadir alumnus FISIP Unila dari profesi yang berbeda-beda sebagai bentuk kepedulian terhadap adik tingkatnya dalam memberikan support yang positif. (Red)