FSBKU – KSN Desak Jokowi Berhentikan Sementara Wagub Lampung

PODIUM, BANDARLAMPUNG – Masyarakat Lampung mendesak presiden RI Joko Widodo untuk memberhentikan sementara Chusnunia Chalim sebagai wakil gubernur jika mengemban status tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di kasus mantan bupati Lampung Tengah Mustafa.

“Kita mendesak pak Presiden agar aparatur hukum bisa bekerja dengan maksimal tanpa pandang bulu,”kata ketua FSBKU-KSN Yohannes Joko Purwanto, Jumat (19/10).

Langkah itu, kata Joko, merupakan pilihan tepat agar permasalahan ini tidak mengganggu roda pemerintahan.

Selain itu, permasalahan ini, kata dia, menjadi salah satu ujian bagi para pimpinan baru di lembaga anti rasuah dalam menjalankan tugas menekan angka korupsi di Indonesia, khususnya Bumi Ruwa Jurai.

“Kita tunggu saja dan sama – sama menyaksikan serta menilai kinerja pimpinan KPK dalam menuntaskan kasus hukum di Lampung,”ungkap dia.

Sebelumnya, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bakal memanggil Chusnunia Chalim sebagai saksi dalam sidang perkara mantan bupati Lampung Tengah, Mustafa.

“Ya, dalam kasus sidang perkara Mustafa. Nanti diinfokan lagi kalau sudah masuk persidangan,”kata JPU KPK RI Ali Fikri, Kamis (17/10).

Diketahui, Chusnunia Chalim diduga turut berperan dalam pengupayaan Mustafa dalam memperoleh Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) sebagai perahu politiknya di Pilgub 28 Juni 2018 lalu.

Bahkan orang nomor 1 PKB Lampung ini juga turut andil untuk mempertemukan Mustafa dengan ketua DPP PKB Muhaimin Iskandar.

Pertemuan itu demi memastikan agar partai berbasis islam tersebut mengelurkan rekomendasi di ajang pesta demokrasi lima tahunan tingkat provinsi untuk ketua DPW Nasdem.

“Ok, gak ada masalah. Kita dukung,”kata Muhaimin seperti dituturkan Mustafa pada Berita Acara Pemeriksaan dan sidang perkara, Senin (7/10) lalu. (Red)