Gubernur Arinal Dikunjungi Tim Inovasi Daerah Balitbang Kemendagri

PODIUM, BANDARLAMPUNG, – Tim Publikasi Inovasi Daerah Balitbang Kemendagri melakukan kunjungan kerja di Provinsi Lampung, menyusul keberhasilan Gubernur Lampung Arinal Djunaidi meraih 3 (tiga) penghargaan Lomba Inovasi Daerah Tatanan Normal Baru Produktif dan Aman Covid-19 tahun 2020.

Pada kesempatan itu, selain medapat penjelasan dari Gubernur Arinal, Tim juga diperkenalkan Kawai Plastik yang digagas Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Lampung Ibu Riana Sari Arinal. Tim Kemendagri yang terdiri dari Mbak Tina Bule dan Wahyu (Youtuber) diterima langsung oleh Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, di Ruang kerja Gubernur, Kantor Gubernur, Bandarlampung, Senin (13/7/2020).

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi menuturkan bahwa dalam rangka penangananan dan pencegahan Covid-19, tidak bisa hanya dilakukan oleh Pemerintah Provinsi saja.

Tetapi juga harus melibatkan unsur lainnya seperti perguruan tinggi, swasta, dan lainnya. “Covid-19 ini urusannya tidak bisa diselesaikan oleh Pemerintah Provinsi saja, tetapi juga keterlibatan unsur lainnya. Karena itu saya melakukkan koordinasi terhadap stakeholder lainnya, seperti keterlibatan jajaran forkopimda, Bupati/walikota,  perguruan tinggi, alim ulama, pengusaha dan lainnya,” jelas Gubernur Arinal.

Dalam kesempatan yang sama, Plt. Kaban Litbang Kemendagri, Agus Fatoni, menjelaskan bahwa kunjungan ini sebagai wujud  keseriusan Mendagri terkait penerapan New Normal. “Untuk itu, terimakasih atas ketersediaan Pak Gubernur menerima kami,” ujar Agus Fatoni.

Ia menjelaskan bahwa tujuan jajarannya, beserta Mbak Tina Bule dan Wahyu (Youtuber) ke Provinsi Lampung dalam rangka mempromosikan Lampung sebagai juara pada Lomba Inovasi Daerah Tatanan Normal Baru Produktif dan Aman Covid-19. Berdasarkan rundown acara, Pada hari pertama, 13 juli 2020.

Tim Publikasi Inovasi Daerah Balitbang Kemendagri dan Mbak Tina Bule akan meninjau pelaksanaan new normal di sektor rumah makan/restoran (rumah makan kayu), sektor pasar modern di Mall Boemi Kedaton. Kemudian, meninjau pusat UKM Keripik (Aska) di gang PU, dan meninjau Dekranasda.

Pada hari kedua, 14 Juli 2020, rombongan melaksanakan peninjauan ke pasar tradisional gudang lelang, banana foster, yussi akmal, dan meninjau kawasan Wisata Tegal Mas. Dan hari terakhir, 15 juli 2020 melakukan peninjauan ke Pelabuhan Bakauheni.(*)