Hj. Winarni Nanang Hadiri Raperda Program Bangga Kencana BKKBN Provinsi Lampung

PODIUM, BANDAR LAMPUNG, Diskominfo Lamsel – Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Lampung Selatan Hj. Winarni Nanang Ermanto menghadiri kegiatan Rapat Kerja Daerah (RAKERDA) Program Bangga Kencana BKKBN Provinsi Lampung, pada Rabu (16/3/2022).

Kegiatan yang berlangsung di Ball Room Hotel Swis Bell Bandar Lampung ini, di Hadiri oleh Perwakilan BKKBN Pusat Drs. Sukaryo Teguh Santoso, M.Pd., Sekertaris Daerah Provinsi Lampung Ir. Fahrizal Darminto, M.A., Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Lampung Riana Sari Arinal.

Drs. Rudy Budiman Selaku Ketua Penyelenggara menyampaikan, tujuan dilaksanakannya RAKERDA ini adalah untuk meningkatkan akases kualitas pelayanan Keluarga Berencana dan program percepatan penurunan Stunting.

Adapun, peserta yang hadir dalam kegiatan tersebut adalah perwakilan dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait pada 15 Kabupaten/Kota Se-Provinsi Lampung.

“Pada kegiatan ini dilakukan juga Pengukuhan Pengurus Kepala Dinas Keluarga Berencana (PERKADIS KB) Indonesia Lampung,” ungkap Rudy Budiman dalam laporannya.

Sambutan Ketua BKKBN Pusat yang disampaikan oleh Deputi Bidang Advokasi, Penggerakan Dan Informasi BKKBN Drs. Sukaryo Teguh Santoso, M.Pd., menekankan agar menjalankan program dengan serius dan baik.

“Program Bangga Kencana yang dulunya bernama Program KB ini harus dilakukan secara serius dan baik,” katanya.

Selain itu, Sukaryo juga menyampaikan terkait dengan pengendalian pertumbuhan penduduk yang harus di sesuaikan dengan lingkungan.

“Pertumbuhan penduduk yang tidak terkendali akan berdampak secara sistematik di semua aspek kehidupan, ketahanan, ketertiban, keamanan, termasuk lowongan kerja,” kata Sukaryo.

Kemudian, terkait dengan program Percepatan Penurunan Stunting, lanjut Sukaryo, BKKBN diberikan mandat menjadi Ketua Pelaksana dalam Program Penurunan Stunting Secara Nasional.

“Pembinaan perlu dilakukan oleh Tim Pendamping Keluarga kepada remaja remaja yang nantinya akan menikah dan melahirkan, agar tidak melahirkan anak yang berpotensi Stunting,” ucapnya.

Sementara itu, sambutan Gubernur yang diwakilkan oleh Sekertaris Daerah Provinsi Lampung Ir. Fahrizal Darminto, M.A., menyampaikan Pembangunan Sumber Daya Manusia dan Penguasaan IPTEK harus ditingkatkan.

“Visi Indonesia 2045 pilar pertamanya adalah Pembangunan Sumber Daya Manusia Dan Penguasaan Teknologi,” ucapnya.

Menurutnya, hal tersebut adalah hal yang utama harus dilakukan, karena jika itu tidak segera dilaksanakan maka pilar-pilar selanjutnya tidak akan bisa terlaksana dengan baik.

“Selain itu keluarga yang menjadi unit terkecil harus diberikan dan dikuatkan, apabila unit terkecil ini rapuh makan Sumber Daya Manusia dskala Nasional pun akan rusak,” ujarnya.

Fahrizal juga menjelaskan, terkait masalah penurunan angka stunting agar jangan sampai ada peningkatan angka stunting dan harus ada capaian yang lebih baik.

“Dengan adanya program yang berjalan ini dirinya membenarkan untuk memberikan pembinaan kepada calon pengantin yang menikah agar benar benar memahami pentingnya berkeluarga dengan sehat,” katanya. (KMF/HSN).