IKAMATIKA Bersama BPS Provinsi Lampung Gelar Seminar Tantangan Matematika dan Statistika Di Era Revolusi Industrusi 4.0

PODIUM, BANDARLAMPUNG – Ikatan Alumni Mahasiswa Matematika (IKAMATIKA) Universitas Lampung bekerjasama dengan Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Lampung menggelar seminar Matematika dan Statistika di Aula Gedung E Fakultas Hukum, Sabtu (28/9).

IKAMATIKA yang sudah memiliki akta notaris dan SK KemenKumHam itu mengadakan seminar matematika dan statistika dengan mengangkat tema
“peluang serta tantangan matematika dan statistika di era revolusi industrusi 4.0”.

Acara yang dibuka secara resmi oleh Kepala BPS Provinsi Lampung ibu Yeane Irmaningrum, S.MA didampingi perwakilan kampus yaitu Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Prof. Karomani, M.Si mengupas terkait fenomena “Big Data, One Data, serta Keterkaitan Statistika dalam era perkembangan zaman yang serba digital”.

Seminar yang diikuti oleh 200 peserta dari pegawai BPS, OJK, para Dosen, serta Mahasiswa S2 dan S1 se-Provinsi Lampung menghadirkan pembicara yakni akademisi matematika Unila sekaligus Ketua SDGs Ir. Warsono, Ph.D. dan juga Kepala Bidang Statistik Sosial BPS Provinsi Lampung bapak Mas’ud Rifai, S.ST .

Iqbal ardiansyah selaku Ketua IKAMATIKA mengatakan bahwa lmahasiswa yang berkonsentrasi di bidang matematika dan statistika harus memahami aspek paling penting dalam era 4.0 teknologi berbasis data.

Selanjutnya, pemahahaman tentang pengelolaan data yang baik dan benar. Kemudian, implementasi dari penggunaan dari data-data tersebut harus mampu dipahami dan diterjemahkan dengan baik oleh mahasiswa matematika dan statistika.

“Dengan begitu, kedepan mahasiswa matematika akan mampu menjadi garda terdepan dalam kemajuan revolusi industri 4.0 di negara ini,”kata dia, Sabtu (28/9).

Sementara itu, Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan dan Alumni Prof. Karomani atau kerap disapa Prof. Aom mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan sebuah terobosan yang bagus.

Saat alumni mampu mengadakan kegiatan-kegiatan seminar ilmiah dan memberikan keterbukaan pemikiran bagi mahasiswa, tentunya adik-adik penerusnya untuk meneruskan tongkat estafet di kampus.

“Ya, memang Universitas Lampung butuh sekali kegiatan-kegiatan alumni yang bermanfaat dan memiliki produktifitas untuk meningkatkan kualitas dari Kampus” ujar Wakil Rektor 3 yang juga kandidat Rektor Univerisitas Lampung.

Selain itu, Kepala BPS provinsi Lampung ibu Yeane Irmaningrum pun memberikan apresiasi kepada IKAMATIKA yang telah sukses mengadakan kegiatan Seminar ini.

Kegiatan ini, kata dia, dalam rangka memperingati hari Statistik Nasional yang jatuh pada tanggal 26 september lalu. Artinya, kata dia, kegiatan-kegiatan keimuan seperti ini perlu terus digaungkan dalam rangka mengenalkan statistik kepada masyarakat luas.

Ia berharap akan banyak kegiatan-kegiatan akademik selanjutnya yang bisa disinergikan dengan kegiatan BPS Provinsi Lampung, mengingat tahun depan negara Indonesia memiliki agenda besar.

“Dalam agenda besar itu mencatat Indonesia dalam kegiatan Sensus Penduduk (SP) 2020, dimana SP2020 dimulai dari sensus online bulan februari-maret 2020,”ucapnya.

“Masyarakat Indonesia bisa langsung secara mandiri untuk memperbaiki data kependudukan melalui www.sensus.bps.go.id,”ujarnya.

Selain itu, dilanjutkan pada bulan Juli 2020, bagi masyarakat yang belum sensus akan dikunjungi langsung oleh petugas sensus yang akan di tunjuk oleh BPS. Oleh karena itu, ia mengajak masyarakat untuk memperkuat data-data yang akurat di Lampung.

“Ayo kita ciptakan kebermanfaatan masyarakat dari Lampung untuk Indonesia demi terwujudnya satu data Kependudukan,”ucap Kepala BPS Provinsi Lampung.

Di akhir acara, Iqbal Ardiansyah menutup dengan sebuah komitmen bahwa Ikatan Alumni Matematika Universitas Lampung akan terus konsisten mengadakan program-program yang bermanfaat bagi sisi sosial maupun akademis.

“Hal ini untuk membantu meningkatkan kualitas jurusan dan lulusan matematika Universitas Lampung serta berkontribusi penuh untuk Kampus Universitas Lampung menuju _Top Ten University,”tutupnya. (Red)