Indonesia Juara MTQ Di Turki

Ist

PODIUM, JAKARTA – Indonesia berhasil meraih juara 1 Tilawah Al-Qur’an pada MTQ Internasional ke-7 di Turki melalui Syamsuri Firdaus putra daerah Nusa Tenggara Barat (NTB).

“Syamsuri Firdaus dari Nusa Tenggara Barat terpilih menjadi juara 1 dalam tilawah Alquran pada MTQ Internasional ke-7 di Turki, yang telah diselengarakan pada tanggal 20-25 Mei 2019 di Masjid Agung Camlica, Istanbul,” kata KJRI Istanbul dalam keterangan tertulis saat dikutip dari detik.com, Senin (27/5/2019).

Penghargaan untuk Syamsuri diserahkan langsung oleh Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dan  disaksikan para undangan Kementerian Agama Turki, wakil Konsulat Jenderal negara sahabat termasuk KJRI Istanbul yang diwakili PF Pensosbud, Iwan Wijaya M.

“Penghargaan juara 1 diberikan langsung oleh Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, begitu juga kepada juara 2 peserta dari negara Niger dan juara 3 dari Qatar,” lanjut keterangan tersebut.

MTQ Internasional ini diikuti sekitar 60-an peserta lainnya dari berbagai negara Timur Tengah dan Eropa. Keikutsertaan Syamsuri mendapat bimbingan langsung dari Ali Sibromalisi, Wakil Kementerian Agama RI yang mendampingi sejak berada di Turki.

“Sebelumnya, pada saat undangan buka puasa bersama dengan masyarakat Indonesia di KJRI Istanbul (25/5), Ali Sibromalisi menyampaikan ketidakhadiran Syamsuri untuk buka puasa bersama, karena sedang melakukan gladi bersih untuk acara penentuan juara,” jelasnya. (NET)