Ingin Jadi Penyelenggara Adhoc Kecamatan, Begini Tahapannya

PODIUM, WAYKANAN, – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Way Kanan melakukan rekrutmen penyelenggara adhoc tingkat kecamatan.

Hal ini sesuai dengan PKPU nomor 16 tahun 2019 tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dan/atau Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2020.

Bahwa mulai tanggal 15 Januari 2020 ini KPU Kabupaten/Kota yang menggelar Pilkada 2020 sudah mengumumkan pendaftaran penyelenggara adhoc tingkat kecamatan yang disebut Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

Ketua KPU Refki Dharmawan didampingi Komisioner Divisi Parmas dan SDM Tri Sudarto mengatakan bahwa, rekrutmen penyelenggara Pilkada serentak 23 September 2020, sesuai dengan  Surat edaran KPU RI nomor 12 tahun 2020.

Tahapan, dimulai dengan pengumuman tanggal 15-17 Januari. Selanjutnya,  penerimaan berkas pada 18-24 januari.

Setelah itu, penelitian administrasi pada 25-27 Januari. “Pengumuman hasil administrasi pada  28-29 Januari. Untuk seleksi tertulis di tanggal 30 Januari. Untuk pengumuman hasil seleksi tertulis, 3-5 Februari, tanggapan masyarakat 28 Januari – 5 Februari dan wawancara pada 8-10 Februari,”ucap dia.

Selanjutnya, Pengumuman hasil wawancara 15-21 Februari. Tanggapan masyarakat II 15-21 Pebruari. Klarifikasi atas tanggapan 22-25 Februari, Pengumuman hasil klarifikasi 26-28 Pebruari dan Pelantikan PPK pada 29 Pebruari.

Sementara itu,  Komisioner Divisi Parmas dan SDM Tri Sudarto menjelaskan bahwa dalam proses seleksi tertulis calon PPK, KPU Way Kanan menggunakan test berbasis computer (CAT).

Hal ini juga dilakukan di 8 Kabupaten/Kota se Lampung yang melaksanakan Pilkada.

“para penyelenggara yang direkrut adalah penyelenggara yang mampu secara akademik, pemahaman peraturan serta memiliki kompetensi dan keterampilan yang baik.” ujar dia.

Untuk persyaratan lengkap dapat dilihat di papan pengumuman KPU Way Kanan dan di website KPU di alamat www.kpu-waykanan.go.id.(JM)