Ini Tahapan Balonkada Untuk Diusung Nasdem Di Pilkada

PODIUM, BANDARLAMPUNG – Dua kader potensial Nasdem memiliki peluang sama untuk diusung oleh partai besutan Surya Paloh di pilkada Lamtim tahun 2020 mendatang.

Hal ini mengingat munculnya dua nama potensial Nasdem yang memutuskan maju dengan mendaftar di beberapa partai politik, yakni Yusron Amirullah dan Garinca Reza Pahlevi.

Keduanya merupakan anggota DPRD. Yusron Amirullah merupakan wakil rakyat di kabupaten Lampung Timur. Sementara itu Garinca anggota DPRD provinsi Lampung.

“Saya sebagai ketua DPW dan Bappilu DPP belum bisa ngasih pandangan. Nanti ketika semua berkas di DPP baru kita bahas,”kata ketua DPW Nasdem Lampung, Taufik Basari, Kamis (24/10).

“Karena semua masih proses. Semua kader masih memiliki peluang yang sama untuk maju, baik sebagai calon nomor satu ataupun calon nomor dua,”ucap dia.

Adapun yang menjadi pertimbangan DPP dalam memberi rekomendasi, yakni hasil survei dan koalisi partai.

“Kita lihat setelah prosesnya, baik hasil survei dan koalisi yang nantinya menjadi bahan pertimbangan DPP untuk memutuskan. Karena semua keputusan ada di DPP,”jelas dia.

Selain itu, kata dia, saat ini tahapan masih di tingkat DPD kabupaten/kota.

“Meski pendaftaran terakhir pada 23 Oktober kemarin. Tetapi setiap DPD akan memberikan kesempatan penyampaian visi misi ke balonkada yang mendaftar,”ujar dia.

Setelah itu, kata dia, setiap DPD akan melakukan pleno untuk mengusulkan masing-masing 3 nama calon bupati/walikota beserta wakil yang kemudian diserahkan ke DPW.

“DPW masih bisa menambahkan 2 nama lagi, apabila dianggap perlu.
Ketika dianggap cukup, maka usulan dari DPD akan langsung diteruskan ke DPP,”ucap dia. (Red)