JAK Bakal Surati DPMK Soal Dugaan Korupsi Dana Desa

PODIUM, TULANGBAWANG – Jaringan Anti Korupsi (JAK) akan melayangkan surat Klarifikasi ke DPMK terkait dugaan penyimpangan anggaran dana desa untuk pembangunan Kampung Wira Agung Sari, Penawartama Tulangbawang.

Ketua LSM Jaringan Anti Korupsi (JAK) Koordinator Daerah Tulang Bawang Andi Irawan Jaya mengatakan bahwa pihaknya sudah membuat surat tersebut. Rencananya, surat itu akan dikirim pada Senin (12/8) mendatang.

Pihaknya akan mengikuti prosedur yang ada, mengingat DPMK Tulang Bawang tidak bisa memproses dari pemberitaan awak media.

” Insya Allah hari Senin, kami akan mengirimkan surat klarifikasi ke DPMK Tulang Bawang agar bisa memanggil Kepala Kampung dan Tim Pelaksana Kegiatan Kampung Wira Agung Sari untuk mendengarkan keterangan dan alasan pekerjaan di kampung itu bisa terindikasi Mark Up anggaran. Pekerjaannya diduga menyimpang dari teknis,” ungkap Andi, Sabtu (10/8).

Andi berharap pihak DPMK Tulang Bawang nantinya bisa segera menindaklanjuti Surat Klarifikasi LSM JAK dan memproses dugaan Mark Up anggaran serta pengerjaannya yang diduga menyimpang dari teknis.

“Dengan begitu kita berharap agar ke depan pembangunan yang bersumber dari Dana Desa (DD) di Kampung-kampung di Tulang Bawang bisa berkualitas,”ungkapnya.

Sementara itu Handri selaku Sekretaris LSM JAK sangat menyayangkan sekali pekerjaan Onderlagh di Kampung Wira Agung Sari Kecamatan Penawartama Kabupaten Tulang Bawang yang di anggarkan dari Dana Desa.

“Jumlahnya sangat Fantastis, tetapi pengerjaannya terkesan asal jadi,”ceplosnya.

Setelah turun kelapangan untuk mengcroscek pemberitaan media, ia mengaku telah melihat langsung pembangunan tersebut.

“Besi coran untuk pembangunan Balai Kemasyarakatan menggunakan ukuran 8 inc dan ada yang menggunakan besi 3 batang atau yang berbentuk segitiga,”ungkapnya.

“Kemudian untuk pengerjaan jalan Onderlaghnya cara pemasangan matrial batunya dilakukan dengan cara tertidur tidak dipasang berdiri dan tidak dipasangnya batu ukuran 20 cm untuk pengunci kiri dan kanan jalan,”ujarnya

“Hamparan pasirnya tidak merata padahal anggaran jalan Onderlagh tersebut sangat Fantastis jadi seharusnya pekerjaannya bisa maksimal dan berkwalitas, tandasnya.(Sandi)