Jusuf Kalla Lantik Riana Sari Arinal Jadi Ketua PMI Lampung

PODIUM, BANDARLAMPUNG, –Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Jusuf Kalla melantik Pengurus dan Dewan Kehormatan PMI Provinsi Lampung Masa Bakti 2020-2025 di Mahan Agung, Rumah Dinas Gubernur Lampung, Jumat (28/05/2021).

Pada kegiatan tersebut, Riana Sari Arinal dilantik sebagai Ketua PMI Provinsi Lampung, sementara Gubernur Arinal Djunaidi didapuk sebagai Pelindung, kemudian Prof Dr H. Muhammad Ferry, MAG sebagai Ketua Dewan Kehormatan dan Sekda Provinsi Lampung Fahrizal Darminto sebagai Sekretaris PMI Provinsi Lampung.

Pelantikan tersebut berdasarkan Surat Keputusan Pengurus Pusat Palang Merah Indonesia Nomor : 038/PPPMI/5/2021 Tentang Dewan Kehormatan Palang Merah Indonesia Provinsi Lampung Masa Bakti Tahun 2020-2025, dan Surat Keputusan Pengurus Pusat Palang Merah Indonesia Nomor : 039/PPPMI/5/2021 Tentang Pengurus Palang Merah Indonesia Provinsi Lampung Masa Bakti Tahun 2020-2025.

Dalam arahannya Ketua Umum PMI Jusuf Kalla menyampaikan bahwa pada dasarnya tugas Palang Merah maupun Bulan Sabit Merah ialah membantu menyelesaikan kesulitan masyarakat dalam hal bencana, baik bencana alam maupun bencana kemanusiaan.

“Tugas kita ialah mengatasi kesulitan, mengatasi kesulitan masyarakat, tugas ini tugas yang mulia karena tidak semua orang bisa, tentu mengatasinya dengan cara bekerjasama, baik dengan pemerintah maupun masyarakat, lembaga-lembaga dan lain sebagainya,” ucapnya

Menurut Jusuf kalla, PMI pertama kali didirikan ketika terjadi perang di Italia, maka diperlukan organisasi yang tanpa berpihak kepada siapapun, hanya berpihak kepada kemanusiaan, tanpa diskriminasi, dan berdasarkan kemandirian. PMI bukan hanya organisasi sosial yang sangat besar di Indonesia, namun juga organisasi sosial sedunia yang paling lengkap.

“Modal kita ialah jaringan yang luas dan kepercayaan atau Trust yang harus kita jaga sebaik-baiknya. Oleh karena itu kegiatan PMI harus terbuka dan diaudit, agar semua orang tahu bahwa sumbangannya sampai kepada yang membutuhkan.” kata Jusuf Kalla.

Pada kesempatan tersebut Jusuf Kalla juga menekankan bahwa PMI adalah organisasi yang mengabdi kepada kemanusiaan, tanpa diskriminasi, tanpa memandang ideologi, dengan penuh kesukarelaan, dan selalu membangun TRUST kepada seluruh golongan.

Mengakhiri sambutannya Jusuf Kalla menyampaikan selamat kepada Pengurus dan Dewan Kehormatan PMI Provinsi Lampung masa bakti 2020-2025 yang baru saja dilantik.(Red)