Lapas Kalianda Hadirkan Ustad Das’ad Latif Dalam Tausyiah Online

PODIUM, LAMPUNG SELATAN,- Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Kalianda mengadakan kegiatan ‘Tausyiah Online’ dengan menghadirkan Ustad Das’ad Latif via aplikasi zoom, di Masjid At Taubah, Lapas Kalianda, Kamis (4/6).

Ustad Das’ad Latif bertausyiah mengobati hati sambil menghibur Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lapas Kalianda. Maka tak jarang WBP yang hadir ikut tertawa menanggapi canda Ustad tersebut.

Dalam Tausyiahnya, Ustad mengatakan bahwa ada beberapa cara bertaubat meminta ampunan kepada Allah SWT, salah satunya dengan beristighfar.

“Caranya bertaubat, satu, beristighfar meminta ampun kepada Allah, dalam doa ucap ‘sesungguhnya aku telah berbuat dosa, ampunilah aku,” tutur Ustad Das’ad.

“Lalu, setelah selesai solat, misal solat Maghrib, isya, sambil duduk di masjid
solat sunnah taubat dua rakaat,” imbuhnya.

Lanjutnya, Ia mengucapkan kepada WBP, bahwa dalam bertaubat itu harus tahan godaan, apalagi terhadap kawan yang menahan kita untuk taubat.

“Jadi ketika kau taubat, lalu ada yg bilang ‘ahh’ sok alim kau. Berarti ya sudah anggap saja dia itu setan yang menggoda tetapi dalam bentuk manusia,” selorohnya dengan gaya khasnya yang diikuti riuh tawa Warga Binaan.

Dirinya berharap supaya setelah Warga Binaan dibina di dalam Lapas, ketika bebas bisa menjadi insan yang berakhlak baik.

“Kalau sudah keluar, harapanku bisa ngaji dengan baik, bisa solat yang baik. mudah2an ada manfaat, terus tingkatkan kesabaran, Insya Allah,”

Salah seorang WBP, DE (29), merasa terisi jiwanya dengan kehadiran Ustad Das’ad via online.

“Alhamdulillah saya bisa lihat via live dengan Pak Ustad, kami merasa terhibur dan tercerahkan jiwa kami, mudah-mudahan ke depannya ada lagi,” harap WBP.

Di acara yang sama, Kepala Lapas (Kalapas) Kalianda, Tetra Destorie menuturkan bahwa kegiatan Tausyiah Online ini merupakan salah satu inovasi kegiatan positif di Tengah Pandemi Covid 19 yang melanda.

“Di tengah Covid 19 ini, cara kami untuk tetap mengisi jiwa rohani WBP adalah dengan Tausyiah Online,” tuturnya.

Dirinya mengatakan, Tausyiah Online ini harus tetap diteruskan dengan menghadirkan Ustad lain yang tak kalah hebatnya.

“Setelah pada Minggu lalu kami hadirkan seorang Ustad Motivator dari ESQ, lalu hari ini Ustad Das’ad Latif, ke depannya kegiatan ini tetap diteruskan dengan Ustad yang tak kalah hebat,” tutup Kalapas. (HSN)