Lawan Penyebaran Covid-19, Gapopin Wilayah II Serahkan Bantuan APD Untuk Tenaga Medis Di Pringsewu

PODIUM, PRINGSEWU – Upaya penanganan pandemik Corona Virus Disease (Covid-19) Gabungan Pengusaha Optik Indonesia (Gapopin) Wilayah II menyerahkan bantuan Alat Pelindung Diri (APD) berupa 30 lusin jas hujan, 100 buah kacamata safety untuk tenaga medis di Kabupaten Pringsewu.

Gapopin Wilayah II, yang meliputi Kabupaten Pringsewu, Pesawaran, Lampung Selatan, Tanggamus, Pesisir Barat, dan Lampung Barat.

Bantuan tersebut, langsung diserahkan kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Pringsewu melalui Gugus Tugas percepatan Penanganan Covid-19 di jalan lintas barat komplek rest area Kabupaten Setempat.

Dalam kesempatan itu, serah terima APD dilakukan secara simbolis dan diterima langsung DR Fuzi, Wakil Bupati Kabupaten Pringsewu.

Usai menyerahkan menyerahkan secara simbolis, David Maulana Ketua Gapopin Wilayah II mengatakan, Alat Pelindung Diri sangat dibutuhkan. Bahwa, perjuangan tim medis sebagai digarda terdepan dalam melawan Covid-19.

Karena itu, Gapopin Wilayah memberikan apresiasi kepada pemerintah daerah dan kepada lembaga kesehatan serta tenaga medis yang tidaklah mudah melawan Covid-19.

“Dengan penyaluran APD ini dapat mengurangi kesulitan para tenaga medis akan ketersediaan kelengkapan alat alat yang diperlukan dirumah sakit”, ujar David Maulana, Senin (6/4).

Lebih lanjut David Maulana mengatakan, pemberian bantuan APD ini bisa menjadi penggerak para pengusaha dan pelaku usaha di Kabupaten Pringsewu untuk turut memerangi Covid-19.

“Dengan seperti ini, setidaknya kita bisa membantu pemerintah daerah dalam ketersediaan APD untuk tenaga-tenaga medis di Kabupaten Pringsewu”, imbuhnya.

Selain Gapopin, penyerahan bantuan APD secara simbolis juga diserahkan berupa, 265 masker, 15 sepatu boot dari Ikatan Anak Rantau Pringsewu (IARP) dan 100 masker dari Fraksi Partai Golkar DPRD Kabupaten Pringsewu.

DR Fauzi Wabup Pringsewu pada kesempatan tersebut sangat berterimakasih atas bantuan dan dukungan serta partisipasi GAPOPIN, IARP dan FPG dalam rangka membantu para tenaga medis serta petugas lainnya dalam menangani serta menanggulangi virus Corona (Covid-19).

Bantuan tersebut sangat berarti dalam upaya bersama-sama mencegah, menanggulangi dan memutus rantai penyebaran Covid-19 di Kabupaten Pringsewu, serta berharap dapat menjadi contoh serta diikuti oleh Pelaku usaha dan Pengusaha serta organisasi lainnya di Bumi Jejama Secancanan.

Bantuan-bantuan tersebut, kata Fauzi, nantinya akan distribusikan kepada fasilitas-fasilitas kesehatan yang menangani secara langsung pasien Corona.

Selain itu, Wabup Pringsewu juga menghimbau masyarakat untuk menerapkan pola hidup bersih dan sehat, terutama dengan selalu mencuci tangan pakai sabun pada air yang mengalir, serta selalu menjaga kesehatan dan meningkatkan imunitas tubuh, dimana salah satunya adalah dengan berjemur di bawah terik matahari pagi.

Selain Covid-19, yang juga perlu diwaspadai oleh masyarakat, menurut Fauzi, adalah penyebaran penyakit DBD. Karenanya, masyarakat diminta selalu waspada dan dapat melakukan kegiatan bersih-bersih serta melakukan 3M Plus.

Terlebih, masih kata Fauzi, Pringsewu adalah daerah endemik DBD dengan jumlah penderita terbanyak kedua di Indonesia.

Turut menyaksikan acara penyerahan dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan, Staf Ahli Bupati Pringsewu Bidang Kemasyarakatan dan SDM Malian Ayub, Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Pringsewu Dr.Nofli, dan Kasubbag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setdakab Pringsewu Moudy Ary Nazolla, S.STP, MH. (Red)