Lewat Kearifan Lokal, Pokdar Kamtibmas Bantu Selesaikan Masalah Masyarakat

PODIUM, LAMPUNGBARAT, – Masalah yang terjadi tak semua harus diselesaikan lewat institusi kepolisian. Pokdar Kamtibmas hadir untuk membantu menyelesaikan permasalahan masyarakat lewat kearifan lokal hingga tingkat desa atau pekon.

Hal itu disampaikan Kapolda Lampung Irjen Pol Purwadi Ariyanto lewat Dirbinmas Polda Lampung Johni Soeroto pada acara di GOR Aji Saka Kawasan Sekuting Terpadu,Kabupaten Lampung Barat pas tutup tahun, Selasa (31/12).

Hadir pada acara Forum Silaturahmi Kamtibmas (FSK) tersebut Bupati Lampung Barat Parosil Mabsus tersebut, tokoh adat Edward Syah Pernong, Ketua Pokdar Kamtibmas Provinsi Lampung Firman Rusli, dan Ketua Pokdar Kamtibmas Kota Bandarlampung Hari Kohar.

Dalam acara tersebut, Edward Syah Pernong yang juga pembina Pokdar Kamtibmas Provinsi Lampung bertemu kembali penuh keakraban dengan sahabat lamanya ketika masih sekolah di Jogjakarta: Hari Kohar.

“Beliau teman lawas,” kata Hari Kohar, Kamis (2/1).

Hari Kohar yang baru memperoleh amanah menjadi ketua Pokdar Kota Bandarlampung meyakini lewat Pokdar Kamtibmas bisa menekan permasalahan di masyarakat.

“Kita sebagai masyarakat juga harus membantu pihak kepolisian mengatasi permasalahan yang ada di masyarakat,” ujar pengusaha pupuk yang hobi musik rock tersebut.

Kapolres AKBP Racmat Tri Hariyadi, SIK, M.H. mengatakan acara forum silaturahmi Kamtibmas ini diselenggarakan memang untuk meningkatkan silaturahmi antara kepolisian dengan masyarakat sehingga terbentuknya kemitraan.

Satuan Binmas Polres Lampung Barat menggelar acara FSK dengan tema Optimalisasi Kelompok Sadar Kamtibmas Kabupaten Lampung Barat dan Kabupaten Pesisir Barat Guna Penyelesaian Masalah yang Terjadi di Masyarakat Dalam Rangka MenjagaSsituasi Kamtibmas yang Kondusif.

Bupati Parosil Mabsus mengatakan acara silaturahmi semacam ini penting rangka menciptakan keamanan dan ketertiban masyarakat.

“Keamanan dan ketertiban ini merupakan salah satu modal yang sangat penting untuk pembangunan,” ujarnya.

Edward Syah Pernong mengatakan pokdar kamtibmas hadir untuk mengatasi propesionalitas petugas dalam mengatasi masalah keamanam masyarakat.

Kombes Pol Drs. Johni Suroto mengatakan bangga melihat kerjasama yang baik antara Polres Lampung Barat dengan Pemkot Lampung Barat dalam upaya bersama menciptakan keamanan dan ketertiban masyarakat lewat pokdar kamtibmas.

Di akhir acara, Firman Rusli menyaksikan pengukuhan Pokdar Kamtibmas Kabupaten Lampung Barat oleh Kapolres Lampung Barat AKBP Racmat Tri Hariyadi, SIK, M.H. dengan cara simbolis pemakaian rompi, penyerahan SK, dan KTA kepada Pokdar Kabtibmas Lambar.

Hadir juga dalam kegiatan FSK tersebut Ketua Bidang Pemecahan Masalah Prov Lampung BEY SOJARWO, S.H., M.H., Ketua Muslimat NU Lampung Hj SRI NINGSIH SUMARNO, Dandim 0422 Lampung Barat Letkol Czi Beni Setiawan, Wakil Bupati Pesisir Barat Erlina SP, MH. Ketua DPRD Kabupaten Lampung Barat Edi Novial, S.Kom.

Kemudian, Kajari Andri Juliansyah, SH, Forkopimda Lampung Barat serta Pesisir Barat, Ketua FKUB, Ketua MUI, Ketua PC Muhammadiyah, Ketua KPUD, Ketua Bawaslu, Ketua PWI, para pejabat utama Polres Lambar, para kapolsek, para kepala OPD Pemkab Lambar, para camat, peratin, tokoh agama, tokoh adat, tokoh pemuda, dan para tamu undangan. (Red)