Lewat Rakor Kepala Daerah, Arinal Ajak Bupati dan Walikota Beri Imbauan Bijak Untuk Cegah Corona

PODIUM, BANDARLAMPUNG, – Gubernur Lampung Arinal Djunaidi memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) Kepala Daerah se-Provinsi Lampung, di Ruang Rapat Utama, Kantor Gubernur, Bandarlampung, Rabu (11/3/2020).

Rakor membahas pencegahan virus Corona dan persiapan Pelaksanaan Pilkada serentak di Lampung.

Rapat dihadiri Wagub Hj. Chusnunia Chalim, MSi, MKn, Ph.D, Sekdaprov Ir. Fahrizal Darminto, MA dan sejumlah OPD dan para Bupati/Walikota.

Dalam kesempatan ini, Gubernur Arinal mengajak Bupati/Walikota se-Provinsi Lampung secara bersama-sama memberi imbauan secara bijaksana ke masyarakat terkait virus corona.

Menurut Gubernur imbauan bijak tersebut agar masyarakat mendapatkan informasi yang tidak kontra produktif.

“Insya Allah Lampung terhindar dari virus corona, hal ini mengingat virus corona hidup pada suhu 26 derajat celcius, sedangkan di Lampung suhunya sekitar 30 derajat celcius. Tapi kita jangan lalai, oleh karenanya wajib hukumnya Bupati/walikota memberikan informasi kepada masyarakat yang tidak menyebabkan terjadinya kontra produktif,” ujar Gubernur.

Gubernur Arinal menjelaskan, bahwa Bupati/walikota harus melakukan koordinasi dengan instansi terkait untuk memberikan imbauan untuk tetap menjaga kesehatan lingkungan, terutama yang paling penting adalah menjaga kesehatan keluarga.

“Bupati/walikota harus memberikan imbauan kepada masyarakat untuk menjaga kesehatan lingkungan, terutama kesehatan keluarga kita,” jelasnya.

Selain itu, Gubernur Arinal berpesan agar bupati walikota dapat meningkatkan pengawasan agar tidak terjadi penimbunan barang yang berdampak luas ke depan.

“Kita harus bergerak, jangan sampai masyarakat menilai seolah-olah kita tidak bekerja dan tidak peduli. Padahal kita sudah melakukan berbagai langkah,” ujar Gubernur.

Gubernur juga mengingatkan penyakit bisa saja datang setiap saat, dan tidak ada yang bisa merekayasa. “Oleh karena itu kita harus berhati-hati, kita harus melakukan edaran dan pengumuman bijak kepada masyarakat. Kita harus berikan semangat kepada masyarakat bahwa kemungkinan kecil corona ada di Lampung, hal ini karena temperatur sangat menentukan,” tambahnya.

Jaga Kondusifitas Pilkada
Pada bagian lain rakor tersebut, Gubernur Arinal mengimbau Bupati/Walikota untuk menjaga kondusifitas dalam pelaksanaan Pilkada Serentak.

“Tidak ada yang tidak terlibat dalam pengamanan dan pelaksanaan tugas yang telah ditentukan. Ke depan saya akan adakan pertemuan lebih lanjut dengan Forkopimda dan Bupati/Walikota yang melaksanakan Pilkada Serentak. Sehingga dapat berjalan secara kondusif,” ujar Gubernur Arinal. (Red)