Masyarakat Sumur Kumbang Adakan Acara Ultah Desa dan Ruwat Bumi

PODIUM, LAMPUNG SELATAN,– Ratusan Masyarakat tumpah ruah menyambut acara ulang tahun desa serta acara Ruwatan bumi yang diselenggarakan di area parkir dan di jalan utama Masjid Al Ikhlas desa Sumur Kumbang kecamatan Kalianda kabupaten Lampung Selatan .

Dalam Acara Ultah dan ruwat bumi Tahun 2020 desa Sumur Kumbang turut dihadiri oleh Kades Sumur kumbang Mastur Ms , Camat Kalianda Zaidan SE , Sekcam Kalianda, Bahabinsa, tokoh adat , tokoh agama serta tokoh pemuda desa Sumur Kumbang, Jum’at(02/02).

Zaidan SE selaku Camat Kalianda dalam sambutannya mengatakan, Acara Hari Ulang Tahun dan Ruwatan desa Sumur Kumbang ini untuk di jadikan momen besar dan positif sebagai jalinan tali silaturahmi warga untuk saling mempererat hubungan persaudaraan.

” Dengan adanya acara ini, masyarakat desa Sumur Kumbang agar tetap bersyukur atas segala nikmat yang dilimpahkan Allah Swt kepada kita semua dan senantiasa selalu menjaga serta menjalin hubungan silaturahmi yang lebih baik sesama warga “.

Dalam kesempatan itu Zaidan juga menghimbau kepada seluruh Masyarakat khususnya masyarakat desa Sumur kumbang untuk selalu mematuhi Protokol kesehatan dan menganjurkan untuk melaksanakan 3 M.

” Situasi sekarang ini belum juga aman dari wabah virus Covid-19, khususnya di negara kita Indonesia tercinta ini, saya menghimbau kepada seluruh masyarakat desa Sumur kumbang supaya mentaati peraturan pemerintah, untuk selalu melaksanakan protokol kesehatan serta melaksanakan anjuran 3 M, Memakai masker, Mencuci tangan dan Menjaga jarak, guna mencegah menyebarnya virus Covid-19 yang mematikan “, Terang Zaidan.

Kepala desa Sumur Kumban Mastur Ms, Mengatakan , Acara Ulang tahun desa Seumur Kumbang dan Ruwat bumi ini, menjadi kegiatan rutin tahunan kami , yang kali ini bersumber dari swadaya masyarakat dan dana desa ( DD ).

” Alhamdulillah kami masyarakat desa Sumur Kumbang dapat melaksanakan Acara Ulang tahun desa dan ruwatan bumi , yang selalu kami laksanakan di hari Kamis awal di bulan Muharam tiba, acara ruwat bumi ini sudah ada dan terlaksana di desa ini sejak dulu sebelum saya lahir, selain melestarikan budaya turun temurun dari tanah Jawa ( Banten ) yang di bawa pendahulu kami ke Lampung tepatnya di desa Sumur Kumbang Kecamatan Kalianda ini “.

” Acara ruwat bumi ini bentuk Syukur kami kepada sang maha pencipta Allah Swt yang telah melimpahkan rejekinya kepada kami terutama dari hasil pertanian maupun dari hasil yang lain di tanah Lampung ini khususnya di Kalianda, selain bentuk syukur kami , acara ruwatan ini pun sebagai bentuk mempererat jalinan silaturahmi sesama warga “, Jelas Mastur.

” Semoga acara memperingati hari ulang tahun dan acara ruwatan bumi desa Sumur Kumbang ini tetap terjaga dan tetap terlestari sampai seterusnya “, Harapnya.(HSN).