Megawati Sudah Kantongi Nama Calon Menteri

PODIUM, BALI – Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri  mengaku telah mengantongi nama-nama kader partai yang akan diproyeksikan menduduki jabatan atau posisi strategis termasuk menteri. Megawati mengklaim telah mengetahui soal data rekam jejak itu.

“Dan kalau saya mau melihatnya itu baru ada yang saya suruh dan boleh mengetahui. Sehingga saya dapat memutuskan bahwa orang ini bisa menjadi, bukan hanya seorang menteri saja, tapi orang ini bisa ditugasi ke sini, orang itu bisa ditugasi ke sana dan sebagainya,” kata Megawati usai penutupan Kongres V PDIP di Bali, Sabtu (10/8) seperti dikutip dari m.cnnindonesia.com.

Ia masih enggan untuk memberitahukan kepada publik siapa sosok dari PDIP yang akan disodorkan atau diproyeksikan menjadi menteri di pemerintahan Presiden Joko Widodo jilid II.

“Kalau hal yang jadi, kalau urusan menteri dan sebagainya, ya tunggu saja tanggal mainnya. Terima kasih,” kata Megawati.

Sebelumnya, Ketua PDIP Bidang Pertahanan, Pemerintahan dan Keamanan Puan Maharani menyatakan bahwa Megawati sudah mengantongi nama kandidat yang akan duduk di kursi menteri pemerintahan Joko Widodo-Ma’ruf Amin.

“Nama sudah ada di kantong ketua umum ya tapi nanti lah masih Oktober masih lama,” kata Puan di Hotel Grand Inna Bali Beach, Jumat (9/8).

Saat ditanya siapa saja kandidat itu, Puan enggan merinci. Hanya saja, kata Puan, sudah ada lebih dari 10 nama yang bakal menjadi kandidat menteri kabinet Jokowi-Ma’ruf.

“Ya lebih dari 10 lah. Kan kemarin presiden bilang bahwa Insya Allah PDIP akan mendapatkan posisi lebih banyak karena memang suaranya lebih banyak dan merupakan partai pemenang pemilu,” kata Puan.

Sebelumnya pada pidato di pembukaan Kongres PDIP, Kamis (8/8), Megawati terang-terangan meminta jatah menteri terbanyak untuk PDIP. Megawati menolak jika Jokowi hanya memberikan jatah menteri sedikit.

“Ini di dalam kongres partai, Bapak Presiden. Saya meminta dengan hormat bahwa PDI Perjuangan akan masuk ke dalam kabinet dengan jumlah menteri yang harus terbanyak. sip,” ujar Megawati sambil tersenyum dan mengacungkan kedua jempolnya, Kamis (8/8).

Dia pun meminta kepada Jokowi agar tidak menolak permintaan itu. “Jangan nanti, “Ibu Mega, saya kira karena PDI sudah banyak kemenangan, sudah ada di DPR, nanti saya kasih cuma empat ya’. Emoh,” kata Megawati sambil tertawa.

“Tidak mau, tidak mau, tidak mau,” ujarnya.

Pada kesempatan berbeda, Jokowi menjawab permintaan Megawati saat menyampaikan pidato di kongres tersebut. Dia memastikan kader PDIP akan menduduki jabatan menteri terbanyak.

“Soal menteri, tadi Ibu Mega bilang ya jangan empat doang. Tapi kalau yang lain dua tapi kan PDIP empat. Kalau yang lain tiga, PDIP enam? Belum tentu juga,” ujar Jokowi.

“Tapi yang jelas PDI Perjuangan pasti yang terbanyak. Itu jaminannya saya,” kata Jokowi. (Net)