Menteri LHK Lakukan Kunker Kepolres Lamsel Terkait Tindak Pidana Perdagangan Satwa Liar

PODIUM, LAMPUNG SELATAN,- Kedatangan Menteri Kehutan, Dr.Ir.Siti Nurbaya Bakar, M.Sc, ke Mapolres Lampung Selatan sekitar pukul 08.15 wib, dalam rangka melaksanakan kunjungan kerja (Kunker), terkait perkembangan penanganan kasus tindak pidana perdagangan Satwa liar ilegal jenis Orang Utan Sumatera (Pongo Abeli) yang berhasil diamankan di kawasan Pelabuhan Bakauheni Lampung Selatan yang lalu, Senin (03/04/2021).

Dalam kegiatan tersebut turut dihadiri langsung oleh, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia, Dr. Ir.  Siti Nurbaya Bakar, M.Sc, Direktur Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem (KSDAE), Ir. Wiratno, M.Sc, Direktur Jenderal Penegakan Hukum Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Drs. Rasio Ridho Sani, Sekretaris Jenderal Penegakan Hukum Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Dr. Drs. Sugeng Prayitno, M.Si, Kepala Biro Hubungan Masyarakat Sekteraiat Jenderal KLHK, Nunu Anugrah, S. Hut, M.Sc, Direktur Pencegahan dan Pengamanan Hutan KLHK, Sustyo Iriyono, M.Sc, Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Bengkulu-Lampung, . Ir. Donal Hutasoit, M.E, Kadis Lingkungan Hidup dan Kehutanan Prov. Lampung, Kapolda Lampung diwakili oleh Dir Reskrimsus Polda Lampung, Kombes Mestron Siboro, S.S.T., M.K., S.H, Kapolres Lamsel, AKBP Zaky Alkazar Nasution, SH, S.IK, MH.

Dalam sambutannya Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia, Dr. Ir.  Siti Nurbaya Bakar, M.Sc menyampaikan,

“Saya mengucapkan terima kasih kepada para aparat terkait, yang sudah bekerja keras untuk mengawasi dan menyelamatkan satwa yang di lindungi, masih maraknya penyelundupan satwa di pelabuhan bakauheni menjadi atensi kita semua untuk turut perduli”, Ucap Siti Nurbaya.

“Atas jasa dan dedikasi yang tinggi saya sebagai Menteri Kehutanan akan memberikan penghargaan kepada aparat penegak hukum yang sudah terlibat dalam pengungkapan kasus penyelundupan satwa belum lama ini”, Sambung Siti Nurbaya.

Selanjutnya pada pukul 09:00 Wib, Dr. Ir.  Siti Nurbaya Bakar, M.Sc, beserta rombongan melanjutkan kegiatan Kunkernya dengan menyempatkan meninjau fasilitas Sumateran Wildlife Center Kalianda – JAAN di Desa Kedaton Kecamatan Kalianda Kabupaten Lampung Selatan, untuk melakukan meninjauan terhadap 2 (dua) ekor Orangutan Sumatera, yang akan diselundupkan ke Jakarta tanpa dilengkapi dokumen sah pada waktu lalu.

Setelah selesai melakukan peninjauan fasilitas Sumateran Wildlife Center Kalianda – JAAN, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia, Dr. Ir.  Siti Nurbaya Bakar, M.Sc, beserta rombongan mengakhiri kunjungan kerjanya, dengan meninggalkan Sumateran Wildlife Center – JAAN menuju Pelabuhan Bakauheni untuk kembali ke Jakarta.(HSN).