Mutiara Terpendam Desa Tengkujuh Ikuti Lomba Desa Tingkat Kabupeten Lamsel

PODIUM, LAMPUNG SELATAN, – Penilaian lomba desa tingkat Kabupaten Lampung Selatan tahun 2022, yang dilaksanakan di halaman Kantor desa Tengkujuh kecamatan Kalianda Kabupaten Lampung Selatan, Selasa (08/02/2022).

Hadir dalam kegiatan penilaian lomba desa tersebut diantaranya, Kadis PMD Lamsel, Erdiyansyah, SH. MM. Camat Kalianda, Zaidan, SE., BPD Tengkujuh, Salahuddin (gelar Dalom Mangku Bumi). Kepala desa Tengkujuh dan Ketua Tim Penilaian beserta rombongan, Ketua PKK Desa Tengkujuh, Ketua PKK kecamatan Kalianda.

Mengawali dalam sambutannya, Hasyim Adenan. S. 0d.SD. selaku Kepala desa Tengkujuh, menyampaikan.
“Yang saya hormati tim penilaian lomba desa Kabupaten Lampung Selatan, yang saya hormati Bapak Camat Kalianda, Ibu Kerua Tim penggerak PKK Kecamatan Kalianda beserta anggota, yang saya hormati Ibu ketua tim penggerak PKK Desa Tengkujuh beserta Anggota, yang saya hormati Bapak Ibu para KUPT Dinas Instansi Kabupaten Lamsel yang tentunya tidak bisa saya sebutkan satu persatu, yang saya hormati dan saya muliakan tokoh adat, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh Pemuda serta yang saya hormati Bapak Babinsa dan Babinkamtibmas desa Tengkujuh”.

“Alhamdulillah, pada siang hari ini kita dapat berkumpul di halaman kantor desa Tengkujuh, dalam rangkaian penilaian lomba desa tingkat Kabupaten Lamsel tahun 2022 dalam keadaan sehat wal afiat tanpa kekurangan suatu apa pun.
Bapak ibu ketua tim penilaian lomba desa , izin kan saya atas nama pemerintahan desa Tengkujuh menyampaikan selamat datang di desa Tengkujuh, kepada ketua tim penilai lomba desa , kepada Bapak Camat Kalianda beserta jajaran”.

“Ini merupakan momen bersejarah di awal pemerintahan kami, yang alhamdulillah baru berjalan dua bulan sudah di berikan tugas yang luar biasa, harapan kami dengan adanya lomba desa ini merupakan suatu kehormatan bagi kami, khususnya bagi masyarakat desa Tengkujuh, tentunya dengan harapan mampu memperoleh kegiatan positif bagi kami, dengan adanya program lomba desa ini tentunya harapan kami masyarakat desa tengkujuh bisa masuk dalam nominasi.
Semoga dengan adanya kegiatan ini, kami bisa mengevaluasi dan juga bisa menjadi bahan pembelajaran kami untuk meningkatkan pelayanan pelayanan kami kemasa yang akan datang”, Harap Hasyim.

“Bapak Ibu yang saya hormati, atas nama pemerintahan desa Tengkujuh, saya menyampaikan ribuan terimakasih kepada Bapak Camat Kalianda dan ketua tim penggerak kecamatan Kalianda, dan ucapan terimakasih pula kepada ketua tim penggerak PKK Desa beserta Ibu- Ibu kader, Ketua BPD beserta anggota, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda dan seluruh aparatur Desa Rt dan Linmas serta seluruh panitia lomba yang sudah bersusah payah dengan semangat tinggi untuk menyiapkan acara pada hari ini, mudah-mudahan apa yang kita lakukan dan kita persembahkan untuk Desa Tengkujuh, insyaallah menjadi ladang amal ibadah kita semua”.

“Bapak-Bapak Ibu-ibu hadirin sekalian yang saya hormati, disini desa Tengkujuh memiliki luas wilayah 1500 ha (Hektare), jumlah penduduk 1157 jiwa, terdiri dari 4 Dusun dan 9 Rt.
Sebelah utara perbatasan dengan desa Pauh Tanjung Iman sebelah selatan perbatasan dengan desa Jondong.
Adapun keterampilan-keterampilan yang kami tampilkan dalam Lomba Desa ini, atau produk-produk yang ada di desa Tengkujuh, diantaranya ada kerajinan tangan sulam tapis, kerajinan anyaman lidi serta kerajinan Kaligrafi”, Tutupnya.

Ditempat yang sama, Camat Kalianda Zaidan, SE. Menyampaikan dalam sambutanya.
“Pertama mari kita bersyukur kepada Allah SWT, yang mana pada hari ini kita bisa berkumpul di kantor desa Tengkujuh dalam rangka penilaian lomba desa sekabupaten Lampung Selatan tahun 2022, tidak lupa syalawat serta salam kita sampaikan kepada Nabi besar kita Nabi Muhammad SAW semoga kita semua mendapatkan safaatnya.
Selamat datang kepada tim penilaian lomba desa tepatnya di desa Tengkujuh kecamatan Kalianda, perlu kita ketahui juga bahwa di kecamatan Kalianda ini ada 25 desa dan 4 kelurahan, dalam rangka mengikuti lomba desa pada tahun ini kami monitoring kecamatan dan selama 7 hari kami dapati bahwa desa tengkujuh seperti mutiara terpendam’,.

“Saya baru tau hari ini, kalau persiapan desa tengkujuh dalam melaksanakan lomba desa ini selama 5 hari, dengan waktu yang sesingkat ini dan di masa pemerintahan yang baru belum dua bukan menjabat, Kepala desa baru mampu mempersiapkan dan melaksanakan lomba desa tingkat Kabupaten lamsel ini dengan luar biasa, artinya ada peningkatan pemerintahan desa Tengkujuh ini., Ujar Zaidan.

“Perlu di ketahui juga desa tengkujuh ini banyak menyimpan potensi, seperti bidang budayanya yang memang tidak muncul dan harus membangkitkan inovasi desa, sehingga desa bisa manju dan memunculkan inovasi-inovasi baru, dan mengikuti perkembangan inovasi-inovasi Kabupaten.
Terbukti bahwa desa Tengkujuh mampu dan siap mengikuti lomba desa tingkat Kabupaten Lamsel yang kita cintai ini”. Terangnya.

“Terlihat saling bahu membahu dengan semangat gotong royongnya masayarakat desa Tengkujuh ini, terbukti
dalam 5 hari persiapan menyambut lomba desa ini sukses terlaksanakan, saya optimis desa tengkujuh di bawah kepemimpinan Kepala desa yang baru akan lebih baik kedepannya”, Tegas Zidan. (HSN).