Pelaku Curat Diamankan Polsek Gedung Aji

PODIUM,TULANGBAWANG – Dua pelaku pencurian dengan kekerasan (curat) dibekuk Polsek Gedung Aji. MA (26) dan AS (19) diamankan setelah merampas kamera dan HP milik pelajar.

Penangkapan dilakukan berdasarkan laporan dari korban Trio Aldi Saputra (14) yang berstatus pelajar, warga Kampung Karya Makmur, Kecamatan Penawar Aji, Mesuji.

Pelaporan ini tertuang dalam Laporan Polisi Nomor : LP / 25 / IX / 2018 / Polda Lpg / Res Tuba / Sek Gedung Aji, tanggal 04 September 2018. Kerugian ditaksir Rp 10,5 juta untuk empat unit handphone dan kamera DSLR merk canon warna hitam.

Kapolsek Gedung Aji Iptu Suhardi mewakili Kapolres Tulang Bawang AKBP Syaiful Wahyudi mengatakan, para pelaku ditangkap pada waktu dan tempat yang berbeda.

MA berprofesi swasta merupakan warga Kampung Sungai Sidang, Kecamatan Rawa Jitu Utara, Kabupaten Mesuji ditangkap hari Kamis (11/7) sekitar pukul 17.00 WIB.

“Penangkapan dilakukan di sebuah kontrakan di Kampung Gedung Karya Jitu, Kecamatan Rawa Jitu Selatan, Kabupaten Tulang Bawang,” kata Iptu Suhardi, Sabtu (13/7).

Sementara pelaku AS berstatus pengangguran, warga Kampung Suka Bhakti, Kecamatan Gedung Aji Baru telah lebih dahulu ditangkap oleh Polsek Rawa Jitu Selatan, hari Senin (1/4).

“Karena terlibat dalam kasus curat (pencurian dengan pemberatan) dan sekarang sudah menjalani hukuman di Rutan (rumah tahanan) kelas II B Menggala,”ucapnya.

Aksi yang dilakukan oleh pelaku MA bersama AS dan dua orang rekannya C dan A yang sekarang masuk DPO (daftar pencarian orang), terjadi hari Minggu (02/09/2018), sekitar pukul 16.00 WIB di jembatan Kampung Aji Mesir, Kecamatan Gedung Aji.

“Waktu itu korban bersama dengan tiga orang temannya mengendarai sepeda motor hendak pulang ke rumahnya. Ketika melintasi jembatan, datanglah empat orang pelaku yang mengendarai sepeda motor Yamaha Vega R dan Honda Revo dari arah belakang,”ungkapnya.

“Para pelaku ini langsung mengancam korban dan teman-temannya dengan menggunakan sajam (senjata tajam) jenis pisau, lalu mengambil paksa kamera DSLR dan empat unit HP berbagai merk yang dibawa oleh korban dan ketiga temannya, setelah itu para pelaku kabur,” ungkap Iptu Suhardi.

Berbekal laporan dari korban, petugas, pihanya terus melakukan penyelidikan untuk mencari tahu siapa pelakunya.

Berkat keuletan dan kegigihan petugas di lapangan, akhirnya dua dari empat pelaku berhasil ditangkap dan dari tangan pelaku MA berhasil disita BB (barang bukti) berupa kamera DSLR merk canon warna hitam berikut tas kamera yang juga berwarna hitam.

Saat ini pelaku MA sudah ditahan di Mapolsek Gedung Aji sedangkan pelaku AS tetap dilakukan proses penyidikan dan para pelaku ini akan dijerat dengan Pasal 365 ayat 2 ke 2 KUHPidana tentang pencurian dengan kekerasan. Diancam dengan pidana penjara paling lama 12 tahun.(Sandi)