Pemdes Betung Tingkatkan Pendapatan Asli Daerah Dalam Sosialisasi PBB-DBH

PODIUM,LAMPUNG SELATAN,-Pemdes Betung kecamatan Rajabasa kabupaten Lampung Selatan ( Lamsel ) melaksanakan sosialisasi Pajak Bumi dan Bangunan ( PBB ) Dana Bagi Hasil (DBH) pajak, Jum’at ( 17/07 ).

Pelaksanaan Sosialisasi Pajak Bumi dan Bangunan yang Bertema ” Dengan Sosialisasi kita tingkatkan pendapatan asli daerah untuk meningkatkan pembangunan”.

Dalam kegiatan Sosialisasi PBB desa Betung yang dilaksanakan di kantor desa dihadiri Camat Rajabasa yang diwakili Sekcam Drs.Komaruddin Raes, KUPT Perpajakan kecamatan Murni , KUPT Dinas Perpajak Holman, Kades Khoiruddin Karya , Sekdes Saipul Anwar, BPD Febriansyah putra, Rt, Kadus dan Masyarakat.

Drs. Komaruddin Raes selaku Sekcam Rajabasa mengatakan ketika kewajiban kita telah kita tunaikan maka kita selaku masyarakat mempunyai Hak untuk menikmati hasil dari wajib pajak Bumi dan Bangunan.

” masyarakat desa Betung mempunyai Hak serta kewajiban untuk taat membayar Pajak Bumi dan Bangunan ( PBB ), masyarakat pun berhak menikmati hasil dari melunasi membayaran pajak “.

” Bagi pemilik pajak bumi dan bangunan baru, untuk segera melaporkan kepada petugas desa untuk segera mengurus pendaftaran kepemilikan Pajak Bumi dan Bangunan yang baru, supaya ada data kelayakan pemilik yang sah untuk Membayar Pajak sesuai data yang ada “.

Drs. Komaruddin Raes juga menambahkan di tahun 2020 ini, bagi pemilik Bumi dan Bangunan yang dikenakan biaya pembayaran pajak dibawah Rp.30.000,- akan ada pembebasan ( Gratis ) untuk pembayaran pajak, namun bila lebih dari itu maka akan dikenakan pembayaran .

Holman selaku KUPT Dinas Pajak Kabupaten mengatakan, perlunya sosialisasi Pajak Bumi dan Bangunan ( PBB ) ini, agar masyarakat desa Betung benar benar Faham dan Memahami manfaat bayar PBB.

” Untuk Pajak Bumi dan Bangunan ini bukan barang baru lagi , namun perlu diadakan sosialisasi kembali sebagai pengingat dan penambah wawasan serta pengetahuan masyarakat untuk selalu taat bayar pajak “.

” Semoga di tahun 2020 ini, desa Betung mampu mencapai 100% untuk pembayaran pajaknya, namun perlu juga masyarakat mendukung tugas dari pihak aparatus desa untuk kelancaran dalam penagihan kepada pemilik Bumi dan Bangunan “, jelas Holman.

Kepala desa Betung Khoiruddin Karya mengatakan, sangat penting dengan adanya sosialisasi Pajak Bumi dan Bangunan ( PBB ) karena dengan adanya sosialisasi, masyarakat desa bisa memahami manfaat dari bayar pajak.

” Terima kasih kepada Sekcam dan KUPT yang telah hadir dan menjelaskan manfaat dari wajib membayar PBB, karena masyarakat bisa mengerti dan memahami kewajiban masyarakat terhadap pemerintah dalam mentaati aturan membayar pajak “.

” Semoga dengan adanya masyarakat yang taat membayar pajak Bumi dan Bangunan, tidak menutup kemungkinan dari Kewajiban melunasi pembayaran PBB ini, pemerintah pun dapat memperbaiki jalan raya pesisir yang kini rusak,
Semoga ditahun 2020 ini Pajak Bumi dan Bangunan ( PBB ) dari Dana Bagi Hasil (DBH) pajak desa Betung ini bisa mencapai 100% “, Harap Khoiruddin.(HSN)