Pemkab Lamsel Terima 64 Mahasiswa KKN, Ini Harapan Nanang Ermanto

PODIUM, LAMPUNGSELATAN – Pelaksana tugas (Plt) Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto menerima  64 mahasiswa kuliah kerja nyata (KKN) angkatan ke-8 dari Sekolah Tinggi Agama Islam Yayasan Pembangunan (STAI Yasba) Kalianda.

Selain dihadiri Ketua STAI Yasba Kalianda, Yakub Yuhira beserta jajaran pengurus dan dosen, acara itu juga dihadiri wali murid dari mahasiswa.

Pelepasan itu berlangsung di Aula Rajabasa, kantor bupati setempat, pada Selasa (10/3/2020).

Ketua KKN STAI Yasba Kalianda tahun akademik 2019/2020, Nur Syamsi menjelaskan, KKN tersebut diikuti 64 mahasiswa dari 4 Program Studi (Prodi).
Rinciannya, Prodi Manajemen Pendidikan Islam sebanyak 35 orang, Prodi Pendidikan Islam Anak Usia dini 10 orang, Prodi Perbankan Syariah 15 orang, dan Prodi Ekonomi Syariah 4 orang.

“Para mahasiswa ini akan didampingi oleh Dewan Pembimbing Lapangan (DPL) yaitu 8 orang dosen,” ujar Nur Syamsi dalam laporannya.

Lebih lanjut dia menjelaskan, delapan desa dari dua kecamatan di Kabupaten Lampung Selatan akan menjadi lokasi pengabdian mahasiswa STAI Yasba.
Pertama Kecamatan Sidomulyo meliputi, Desa Sidowaluyo, Siring Jaha, Bumidaya, dan Suak. Lalu Kecamatan Candipuro meliputi, Desa Sinar Pasemah, Beringin Kencana, Batu Liman, dan Karya Mulya Sari.

“Sebelum pelaksanaan KKN, mahasiswa dan DPL telah diberikan pembekalan akademik dan simulasi program pengabdian masyarakat selama 4 hari,” tuturnya.

Sementara, ditempat sama, Ketua STAI Yasba Kalianda, Yakub Yuhira mengatakan, pelepasan KKN itu merupakan Angkatan ke-8 yang dimulai pertama kali pada tahun 2014.

Dia menuturkan, prosesi KKN STAI Yasba selalu dilepas oleh Bupati Lampung Selatan. Dimana cikal bakal pelepasan KKN diawali oleh bupati kala itu agar dilaksanakan di kantor bupati.

“Kenapa ini saya ungkap demikian, karena dari koordinasi yang kita lakukan diberbagai perguruan tinggi se-Sumbagsel, belum ada kegiatan seperti ini yang dilepas oleh pemerintah daerah. Kecuali STAI Yasba Kalianda, dan ini selalu dilepas Pak bupati,” ungkapnya.

Tak lupa ia juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Plt Bupati, camat, dan para Kepala Desa yang telah mensuport, membimbing, serta memfasilitasi KKN mahasiswa STAI Yasba.

“Saya sampaikan terima kasih kepada Kepala Desa yang sudah welcome. Saya dapat laporan, mereka sudah disiapkan tempat tinggalnya. Bahkan barang-barang mereka sudah ada disana (desa). Ini belum diserahkan Pak bupati tetapi sudah luar biasa,” ucapnya.

Sementara itu, Plt Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto menyambut baik dan menyampaikan apresiasi terhadap pelaksanaan KKN mahasiswa STAI Yasba Kalianda. Ia berharap, KKN mahasiswa STAI Yasba banyak memberikan manfaat dan bisa tepat sasaran.

“Saya berharap ilmu yang didapat adik-adik selama dibangku perkuliahan bisa terapkan dengan baik di masyarakat. Karena ini juga menyangkut nama baik almamater kalian. Inilah kesempatan adik-adik berinteraksi melakukan pengabdian di masyarakat,” pesan Nanang.

Dalam kesempatan itu, ia juga menekankan kepada Camat dan Kepala Desa yang menjadi lokasi pengabdian, agar dapat menerima dan membimbing mahasiswa KKN STAI Yasba Kaliada secara proporsional sesuai dengan kompetensinya.

“Pak Camat dan Kepala Desa saya titip. Anggap mereka (mahasiswa) ini sebagai anak-anak kita semua. Karena dipundak mereka inilah masa depan Kabupaten Lampung Selatan,” tandasnya. (KMF/RN).