Pemprov Lampung Terus Berupaya Tingkatkan SDM Pertanian

PODIUM, BANDARLAMPUNG, – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung terus berupaya meningkatkan sumber daya manusia (SDM) di bidang pertanian melalui pemberdayaan petani milenial.

“Sumber daya manusia pertanian di Lampung saat ini relatif baik, sehingga kita akan terus berdayakan melalui petani milenial,” ujar Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Lampung, Kusnadi, di Bandarlampung, Sabtu (11/9/2021).

Dia mengatakan pemberdayaan petani milenial tersebut dilakukan sebagai bentuk regenerasi SDM pertanian di Lampung.

“Petani milenial ini tentu lebih energik, lebih melek teknologi serta berani mengambil risiko dibanding petani konservatif. Sehingga mereka bisa menjadi penerus para petani yang saat ini sudah mulai banyak yang lanjut usia,” katanya.

Menurutnya, untuk terus mendukung pemberdayaan petani milenial sejumlah hal telah dilakukan salah satunya dengan memberi pembinaan serta memberikan beasiswa bagi para generasi muda yang bergerak di sektor pertanian.

“Petani milenial ini kalau di organisasi semua baik, jadi kita terus bina seperti memberikan beasiswa lalu kita ajari teknik mengambil keputusan manajemen pertanian yang baik,” ucapnya.

Ia melanjutkan generasi muda diharapkan dapat terjun ke bidang pertanian agar membantu memajukan sektor pertanian Lampung serta dapat membuka peluang kerja baru.

Adanya dorongan untuk memberdayakan generasi muda menjadi petani milenial juga terus dilakukan oleh Kementerian Pertanian dengan harapan kalangan petani milenial mampu menjadi tumpuan pembangunan pertanian bagi kekuatan perekonomian nasional, menciptakan lapangan kerja bagi penduduk pedesaan, dan mengurangi kemiskinan. (*)