Pemuda Dua Dusun Desa Sumur Sepakat Damai Tertulis Dalam Rembuk Pekon

PODIUM, LAMPUNG SELATAN,- Rembuk pekon kembali dilakukan untuk yang kedua kalinya oleh aparatur desa dan Tokoh masyarakat , Tokoh Pemuda Serta Tokoh agama desa Sumur, sebagai upaya mediasi penyelesaian secara kekeluargaan atas permasalah yang terjadi pada Selasa malam 13 April 2021 kemaren, prihal kesalah fahaman antar pemuda dua dusun yakni Dusun Sumur Induk dan Dusun Yogaloka Desa Sumur Kecamatan Ketapang kabupaten Lampung Selatan (Lamsel), Kamis (15/04/2021).

Bertempat di kediaman Kepala Dusun (Kadus) 1 Sumur Induk Bapak Aliyun, Sekitar jam 20:00 Wib, telah dilaksanakan rembuk pekon, yang dihadiri langsung oleh, Kapolres Lampung Selatan AKBP. Zaky Alkazar, Kabag Ops polres Lamsel Kompol Oskar, Kasat Intelkam Polres Lamsel AKP. Andi Wiyono. SH. MH, Kapolsek Penengahan AKP. Setio Budi. H, Danramil 0421-03/PNH Kapten. Inf. Rudi Teguh, Camat Ketapang Madro’i. SE, Kanit intelkam Polsek Penengahan Iptu. Rudi. H. Sinaga, Kades Sumur I Wayan Prima Wijaya, Kades Ruguk Saiful. SE, Babinsa Desa Sumur Serda. Digdo Pramono, Babinkamtibmas Desa Sumur Bripka. Ricky Wiyono, Tokoh Masyarakat Hindu Desa Sumur I Made Pasti, Anggota Ramil 0421-03/PNH, Anggota Polsek Penengahan, Anggota Sat Pol PP Kec. Ketapang, Tokoh masyarakat, Tokoh adat dan Tokoh pemuda Desa Sumur.

Kapolres Lamsel AKBP. Zaky Alkazar, dalam arahannya menyatakan, “Kedatangan kami kesini bukan karena besar atau kecilnya masalah, melainkan suatu bentuk perhatian kami kepada masyarakat, mudah mudahan malam ini tercapai perdamaian, sehingga tidak perlu diselesaikan secara hukum”, Tegas Zaky.

“Saya kesini diperintahkan oleh Kapolda untuk menyelesaikan masalah ini sampai tuntas, apapun bentuk penyelesaianya.
Kami disini hanya menyaksikan dan mengawal pelaksanaan rembuk pekon, dan apapun bentuk penyelesaian silahkan diselesaikan dengan baik”, Terangnya.

Disaat yang sama salah satu perwakilan masyarakat Dusun Yogaloka menyampaikan, “Kehadiran kami disini semata mata datang untuk silaturahmi, guna menyampaikan permintaan maaf atas insiden yg telah terjadi beberapa hari lalu”, Ucapnya.

“Mohon maaf atas ketidak pekaan kami dalam menyikapi permasalahan yang terjadi beberapa hari lalu, kami meminta dan beruarap, dihadapan kita semua yang hadir disini, agar segala permasalahan yang ada diakhiri dan selesai cukup sampai disini, kami selama ini lupa akan keberadaan kami disini”, Tegasnya.

Hal yang sama juga, perwakilan masyarakat Dusun Sumur Induk menyampaikan, “Kita disini saudara semua, kita semua kawan, saudara, maka ketika terjadi suatau permasalahan pada anak anak kita, kita sebagai orangtuanya tidak perlu takut, untuk datang dan bersilaturahmi, agar permasalahan tidak menjadi besar”, Ujarnya.

“Perlu kita semua garis bawahi disini, bahwa permasalahan ini bukanlah permasalahan antar suku, antar agama, melainkan karena konflik kesalah fahaman yang terjadi dimasyarakat, khususnya di dua susun desa Sumur ini”, Urainya.

Lanjutnya, “Terjadinya permaslahan seakan terlihat besar, yang disebabkan kita sama sama¬† tidak peka, tidak tanggap atas masalah yang terjadi, mudah mudahan dengan kejadian ini, membuat kita sama sama belajar untuk kedepannya lebih peka dan cepat tanggap atas permasalahan yang terjadi”,

“Kami pun mengharapkan kepada pihak yang berwenang baik dari kepolisian maupun dari pihak TNI dan pihak terkait, untuk bersama sama memberantas penyebab terjadinya permasalahan di masyarakat” Tutupnya.

Dalam kesempatan itu, Danramil 0421-03/PNH, Kapten. Inf. Rudi Teguh, pula menyampaikan, “Saya hanya menambahkan, untuk kedepannya saya minta kepada Kepala Desa (kades) Sumur, untuk memprogramkan apel kepada pemuda pemuda desa sumur, untuk dilaksanakan di kantor desa, agar nanti saya dan kapolsek bisa sedikit memberi pembinaan”, Ucap Rudi.

Proses rembuk Pekon yang dilaksanakan oleh berbagai pihak berakhir pada jam 13:00 Wib, dan berjalan dengan kondusif, dengan hasil kesepakatan dan atas kesadaran bersama yang dituangkan secara tertulis dalam surat pernyataan yang ditandatangani bersama oleh kedua belah pihak.(HSN)