Pesan Panglima Elang Berantai Terhadap Generasi Muda Gitar Tunggal

PODIUM, LAMPUNG SELATAN,-Ajang silaturahmi anjau silau serta latihan tari pencak khakot pedang masyarakat adat Sai Batin Marga Rajabasa, yang di laksanakan di pantai wisata Setigi Heni desa Canggung kecamatan Rajabasa kabupaten Lampung Selatan ( Lamsel ) Sabtu ( 18/07 ).

Disela latihan Raden Berlian. SH. Panglima Elang Berantai, Yang salah satu Panglima adat Paksi Sekala Brak ( Kepaksian Sekala Berak ) Panglima dari Selatan kepaksian Pernong, menyampaikan kepada salah satu generasi muda pelestari seni budaya Lampung gitar tunggal Almuhtarom yang turut hadir menyaksikan prosesi latihan tari pecak khakot pedang.

” Saya sebagai Panglima Elang Berantai sangat Mensuport terhadap Generasi muda pelestari seni budaya Lampung gitar tunggal karena dari adat itu lah lahir seni budaya adat lokal khususnya seni budaya Lampung “.

” Sama halnya dengan kebudayaan Tari Pencak khakot pedang yang kita pelajari ini , begitu pun dengan seni budaya Lampung khususnya gitar tunggal yang digiatkan oleh Almuhtarom beserta adek adek yang lain dengan semangatnya untuk melestarikan seni budaya Lampung “.

“Jangan pernah surut jangan pernah malu untuk menjunjung tinggi Harkat martabat seni budaya Lampung , justru saya sangat merasa bangga dengan adek adek pelestari seni budaya Lampung gitar tunggal yang masih usia remaja dengan semangat dan giat untuk selalu melestarikan dan mempertahankan khasanah budaya Lampung yakni seni budaya gitar tunggal “.

Panglima Elang Berantai berharap kepada pemerintah untuk selalu memperhatikan serta mendukung sepenuhnya budaya Lampung terutama di bidang seni Lampung, karena dengan adanya seni dan budaya Lampung ini , bagian harkat martabat khasanah adat budaya Lampung.

” Pemerintah Lampung Selatan harus memperhatikan para pelaku budaya Lampung khususnya terkait dengan kebudayaan seni serta budaya adat istiadat lampung “.

” Dan saya pribadi sudah mempunyai beberapa program di bidang seni dengan para Dalom segekhi suku adat sai batin, untuk membangkitkan kesenian khususnya seni budaya Lampung dan berharap dapat saling bersenergi dengan para kepala desa untuk saling mendukung membantu dalam penyediaan anggaran yang telah diprogramkan pemerintah , tidak mungkin rasanya bila kepala desa tidak mendukung untuk membangkitkan seni budaya daerah Lampung ” Tambah beliau.

Harapan saya kepada anak anak ku generasi muda pelestari seni budaya Lampung gitar tunggal yang tergabung dalam satu wadah seni budaya Lampung sanggar Angkon Muakhi.

” Terus kembangkan dan harus di pertahankan seni budaya Lampung yang kalian cintai dan yang kalian hanggumi, bentuk angkon kalian terhadap khasanah budaya Lampung sangat membuat saya takjub, betapa tidak di usia belia kalian sudah mampu menampilkan kemampuan yang belum tentu semua masyarakat adat Lampung bisa khususnya masyarakat adat yang ada di Way Handak ( Kalianda ) “. Ujar Panglima.(HSN)