Polres Lamsel Gelar Apel Bersama Kesiapan Penanggulangan Bencana Alam

PODIUM, KALIANDA – Kepolisian Resort (Polres) Lampung Selatan gelar apel bersama kesiapan penanggulangan bencana alam di wilayah Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel), Rabu pagi (18/11/2020).

Bupati Lamsel Sulpakar, selaku inspektur upacara mengatakan, apel kesiapan penanggulangan bencana alam perlu dilakukan, mengantisipasi munculnya fenomena intensitas hujan yang tinggi dan awan la nina perlu diwaspadai bersama.

“Intensitas hujan yang tinggi dan kemunculan awan la nina berpotensi menyebabkan bencana alam banjir dan tanah longsor. Sehingga, perlu diwaspadai bersama-sama,” kata Sulpakar mengingatkan.

Sulpakar juga menghimbau, agar ASN tetap menjaga netralitas juga TNI dan Polri, ditengah pelaksanaan Pilkada Kabupaten Lampung Selatan Tahun 2020.

“Mari, kita sukseskan Pilkada di Kabupaten Lampung Selatan,” ucap Sulpakar.

Mewakili Kapolres Lamsel AKBP Zaky Alkazar Nasution, Wakapolres Kompol Yuspita Ujang menerangkan, giat apel itu disiapkan untuk menghadapi musim penghujan dengan intensitas tinggi pada bulan Desember dan Januari.

“Dari seluruh instansi, sarana dan prasarana kita gelar pada hari ini dalam rangka upaya untuk membantu masyarakat apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” tegas Kompol Ujang.

Kompol Ujang melanjutkan, Kepolisian telah memetakan wilayah Lampung Selatan yang rawan terjadi banjir ketika curah hujan tinggi yakni Palas, Sragi dan Sidomulyo.

“Dihimbau kepada masyarakat, untuk mengantisipasi dan mengungsi bila perlu untuk menghindari timbul korban,” ujar Kompol Ujang.

Kompol Ujang mengingatkan, sesuai arahan pimpinan bahwa Polri netral dalam pelaksaaan Pilkada.

“Saya mengingatkan, agar masyarakat ketika melakukan pencoblosan nanti, tetap mematuhi protokol kesehatan pencegahan covid-19,” pungkas Kompol Ujang.

Diketahui, apel kesiapan penanggulangan bencana alam itu melibatkan personil yang terdiri dari, satu (1) peleton Sat Sabahara Polres Lamsel sebanyak 30 personil beserta kendaraan dinas (randis), satu (1) peleton Sat Lantas sebanyak 30 personil beserta randis, satu (1) peleton gabungan Satres Intel dan narkoba, dua (2) peleton Babhinkambtibmas beserta randis, satu (1) pelton Sat Pol PP beserta randis, sepuluh (10) personil Sat Polair, satu (1) peleton gabungan BPBD, Tagana dan Basarnas sebanyak 30 personil beserta randis, satu (1) peleton personil Kodim 0421/LS sebanyak 30 personil beserta randis, satu (1) peleton personil gabungan RAPI dan Senkom, satu (1) peleton Kwarcab Pramuka Lamsel, satu (1) peleton gabungan PMI dan Dinkes Lamsel sebanyak 30 personil. (Humas/HSN)