Polres Tuba Gelar Operasi Bina Kusuma Krakatau, Ini Tanggal dan Sasaran Operasinya

PODIUM, TULANGBAWANG – Polres Tulang Bawang dan Polsek jajaran akan menggelar Operasi Kepolisian Kewilayahan dengan sandi Operasi Bina Kusuma Krakatau – 2019.

Rencananya operasi ini akan diselenggarakan selama 12 hari, mulai tanggal 25 Juli – 5 Agustus 2019 di Kabupaten Tulang Bawang dan Tulang Bawang Barat.

Kapolres Tulang Bawang AKBP Syaiful Wahyudi, SIK, MH mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meniadakan, meminimalkan kenakalan remaja, premanisme dan daerah rawan konflik yang meresahkan masyarakat.

Adapun yang menjadi sasaran pada pelaksanaan Operasi Kepolisian kali ini terbagi menjadi empat yaitu orang, barang, tempat dan kegiatan.

Pertama, sasaran orang yaitu remaja maupun pelajar yang melakukan aksi kebut-kebutan dijalan, balap liar dan geng motor, pelajar yang bolos sekolah hingga membawa sajam.

Kemudian, kata dia, pelajar yang melakukan perkelahian antar pelajar maupun antar sekolah, remaja ataupun pelajar pengguna narkoba dan merusak fasilitas umum.

“Preman yang mengganggu ketentraman dan ketertiban, preman yang meminta secara paksa dengan alasan uang keamanan / sewa tempat / bayar portal, preman debt collector dan preman tanah,” ujar AKBP Syaiful saat memimpin pelaksanaan Latihan Pra Operasi, hari Rabu (24/7), sekitar pukul 09.00 WIB, bertempat di GSG Wira Satya Mapolres setempat.

Kedua, sasaran barang yaitu senpi (senjata api), sajam dan barang lain yang digunakan untuk melakukan aksi premanisme dan kenakalan remaja.

Ketiga, sasaran tempat yaitu sekolah-sekolah, kost-kostan, warnet, warung kopi, lokalisasi sek komersial, terminal, pasar tradisional dan pelabuhan.

Keempat, sasaran kegiatan yaitu melakukan kegiatan lain terkait konflik sosial, kriminalitas premanisme dan kenakalan remaja, melakukan aksi premanisme dan kejahatan jalanan dengan melakukan pemalakan, pemerasan, pungli.

Termasuk, kata dia, penagihan hutang dengan menggunakan jasa preman, serta melakukan kegiatan kenakalan remaja antara lain bolos sekolah, balap liar, tawuran, penyalahgunaan narkoba, seksual pranikah dan lainnya.

“Latihan Pra Operasi yang diselenggarakan hari ini, bertujuan untuk menyamakan CB (cara bertindak), sehingga personel yang nantinya terlibat langsung dalam pelaksanaan operasi mengerti dan faham betul apa yang menjadi tugas dan tanggung jawabnya.” tutup Kapolres.(Sandi)