Polsek Natar Berhasil Amankan 14 Unit R2 Dan Pelaku Curas 1 DPO

PODIUM, LAMPUNG SELATAN,- Polsek Natar berhasil mengungkap kasus dugaan tindak pidana pencurian dengan pemberatan di kos-kosan Ibu Ratu Desa Hajimena Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan. Rabu (22/06/2022).

Kronologis terjadinya dugaan tindak pidana pencurian pada senin tanggal 20 Juni 2022, di Kost-kost an Ibu Ratu Desa Hajimena Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan, 1 (Satu) unit sepeda motor Honda Beat No.Pol: BE 6137 UQ wama magenta hitam, tahun 2019, Nomor Rangka MHM1123X190313, Nomor Mesin JM11E2172531, AN STNK Claudia Eunike Siallagan 4 Dusun Sumber Agung 1 RT/RW 001/001 Desa Sumber Agung Kecamatan Sumber agung, Kabupaten Pringsewu.

Sepeda motor tersebut hilang sekira Pukul 12.30 wib, diparkiran depan halaman kost- kost an Ibu Ratu, yang sudah di beri pengaman dengan cara dikunci stang, yang saat itu si pemilik kendaraan Debora natalia Siallagan (Korban), pekerjaan mahasiswa warga dusun sumber agung kecamatan Ambarawa Kabupaten Pringsewu, Korban sedang beres beres kost an mendengar suara motor miliknya hidup, setelah di lihat di tempat parkiran, motor dan pelaku tidak terlihat lagi, sedangkan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) sepeda motor milik korban berada di dalam jok, plat belakang dan jas hujan terlepas.

Diperkirakan kerugian yang dialami korban mencapai senilai 17.364.000 (Tujuh belas juta tiga ratus enam puluh empat ribu rupiah).

Dengan terjadinya peristiwa tersebut korban kemudian melaporkan kehilangan satu unit sepeda motor miliknya ke Polsek Natar, guna dilakukan Penyelidikan dan Penyidikan lebih lanjut.

Berdasarkan laporan tersebut Unit Reskrim Polsek Natar, yang di pimpin langsung oleh Panit I reskrim IPDA Wahyu Fajar Dinata STRK dan Panit II Nurdin Efendi S.E berikut anggota Opsanal, segera melakukan penyelidikan dan berhasil menemukan keberadaan pelaku Nur Choiri Alias Kiwing (30) tahun, di rumahnya di dusun 1 Desa Tanjung Sari kecamatan Natar Lamsel, lalu di lakukan intrograsi pengembangan dan hasil dari pemeriksaan pelaku Nur choiri als kiwing mengakui perbuatannya yang dilakukan bersama rekannya GUN (32)Tahun asal Lampung Timur, yang saat ini dalam pengejaran pihak berwajib (DPO).

Kemudian satu unit sepeda motor hasil pencurian tersebut diserahkan dan di titipkan kepada Heriyanto warga Tanjung Sari kecamatan Natar, lalu dari hasil penjualan sepeda motor tersebut yang ditipkan kepada Heriyanto mendapatkan uang sebesar Rp.4.500.000,- (Empat juta lima ratus ribu rupiah), Lalu Nur Choiri (pelaku) membagi hasil penjualan tersebut dengan GUN sebesar Rp. 2.250.000,- (Dua juta dua ratus lima puluh ribu rupiah).

Berdasarkan keterangan dari pelaku yang berhasil di amankan, anggota unit reskrim polsek Natar yang di pimpin panit I reskrim Ipda Wahyu Fajar Dinata STRK Dan Panit II reskim Iptu Nurdin Efendi S.E bersama anggota opsanal langsung melakukan penyelidikan keberadaan Herianto dan kemudian berhasil menemukan keberadaan Herianto kemudian dilakukan introgai terhadap pelaku Heriyanto, dirinya pun membenarkan bahwa telah menerima sepeda motor dari saudara Nurkhoiri Alias Kiwing untuk dijualkan.

Kemudian Heriyanto menjualkan sepeda motor tersebut kepada Fauzi dengan harga Rp. 5.300.000,- (lima juta tiga ratus ribu rupiah).

Sehingga dari penjual tersebut saudara Hariyanto mendapatkan uang sebesar Rp. 800.000,- (delapan ratus ribu rupiah), dari hasil introgasi Herianto Panit I dan Panit II reskrim Beserta anggota, melakukan penyelidikan keberadaan saudara Fauzi Warga desa Rulungsari kecamatan Natar.

Kemudian unit reskrim berhasil menemukan keberadaan Fauzi dan melakukan intrograsi, Fauzi pun mengakui dan membenarkan bahwa dirinya telah membeli sepeda motor dari Heriyanto dengan harga Rp. 5.300.000 (lima juta tiga ratus ribu rupiah).

Dari hasil pengembangan tersebut didapati barang bukti (BB) kendaraan roda dua sebanyak 14 (empat belas) unit yang diduga dari hasil kejahatan yang dilakukan oleh pelaku sdr. Nur Choiri alias kiwing.

Adapun jenis barang bukti R2 yang berhasil di amankan.

– 1 (satu) unit sepeda motor honda beat warna hitam magenta berikut STNK

– 1 (satu) unit sepeda motor Honda beat warna magenta

– 1 (satu) unit sepeda motor Honda beat warna biru putih

– 1 (satu) unit sepeda motor Honda beat warna merah putih

– 1 (satu) unit sepeda motor Honda beat warna merah hitam

– 1 (satu) unit sepeda motor Honda beat warna magenta

– 1 (satu) unit sepeda motor Honda vario warna orange

– 1 (satu) unit sepeda motor Honda Vario warna hitam

– 1 (satu) unit sepeda motor Honda Vario tanpa bodi (trondol)

– 1 (satu) unit sepeda motor Honda Virza

– 1(satu) unit sepeda motor Honda beat warna merah putih

– 1 (satu) unit sepeda motor Honda beat warna putih

– 1 (satu) unit sepeda motor Honda beat warna merah putih

– 1 ( satu) unit sepeda motor Honda beat warna hitam.(Humas/Hsn).