Proyek Jalan Sidoarjo Bratayudha Diduga Bermasalah

PODIUM, WAYKANAN – Proyek peningkatan Jalan Sidoarjo – Bratayudha, Kecamatan Balambangan Umpu, Way Kanan diduga syarat bermasalah.

Sebab, baru beberapa bulan dikerjakan, kini kondisi jalan itu sudah mengalami kerusakan di beberapa ruas dan titik.

Proyek pekerjaan senilai Rp5 miliar ini berdasarkan dokumen Unit Layanan Pengadaan (ULP) tertanggal 9 Februari 2018 dengan nomor 009/11/ULP-WK/2018 dimenangkan oleh PT Firnando Aksal Karya, dengan pagu penawaran Rp4,9 miliar atau kurang lebih 0,8 dari pagu anggaran.

Proyek milik Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) Way Kanan ini bersumber dari APBD Waykanan yang notabene baru beberapa bulan dikerjakan.

Rekanan selaku pemenang tender itu diketahui dimenangkan oleh PT Firnando Aksal Karya, yang beralamat di jalan Sisingamangaraja, Gang B Nuri No. 19, Gedong Air – Bandarlampung.

Hasil temuan di lokasi pekerjaan, rekanan yang mengerjakan proyek diduga tidak sesuai dengan spesifikasi teknis. Hasil pekerjaan diduga tidak sesuai dengan spesifikasi teknis pekerjaan dan menyebabkan belum satu tahun pekerjaan sebagian badan jalan rusak parah.

Tahapan pekerjaan oleh PT Firnando Aksal Karya dimulai dari evaluasi kualifikasi, pembuktian kualifikasi dan lain-lain bernomor 010/BAPK/POKJA I-KTR/ULP/2018, maka pertanggal 9 Mei 2018 dibuat berita acara pembuktian klarifikasi dan negosiasi nomor 010/NEGO/POKJA I-KTR/ULP/2018.

Berdasarkan kualifikasi, maka kelompok kerja 1 konstruksi ULP Pemkab Waykanan memutuskan perusahaan PT Firnando Aksal Karya sebagai pemenang lelang.

Diketahui, jenis proyek peningkatan jalan berdasarkan daftar kuantitas yang telah ditetapkan maka rekanan pemenang tender harus melakukan pekerjaan jalan dengan mengikuti daftar kuantitas.

Diantaranya, daftar kuantitas galian perkerasan berbutir sebesar 105,8 M3, Lapis Pondasi Agregat A sebesar 672,0 M3, Lapis Pondasi Agregat B 794,5 M3, Lapis Resap Pengikat – Aspal Cair 12,100 Liter, Lapis Perekat – Aspal Cair 487,5 Liter, Laston Lapis Antara(AC-AB) sebesar 1684,3 Ton, Lapis Pondasi/Perata Penetrasi Macadam 17,5 M3.

Selain daftar kuantitas diatas, ada juga spesifikasi Beton Mutu Sedang sebesar 1,8 M3, Baja Tulangan U 24 polos sebesar 189,2 Kg dan Pasangan Batu 7,9 M3. (Red)