Relawan PMR dan PMI Giat Bersihkan Selokan Dikecamtan Rajabasa

PODIUM, LAMPUNG SELATAN, — Antisipasi terjadinya bencana banjir saat musim penghujan, relawan dan Palang Merah Remaja (PMR) Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Lampung Selatan giat bersihkan selokan (siring) yang ada di Desa Kunjir Kecamatan Rajabasa.

Bakti sosial Relawan PMI dan PMR Kecamatan Rajabasa dan kalianda ini patut mendapatkan apresiasi, pasalnya kegiatan sosial ini mengingat cuaca musim hujan yang melanda Kabupaten berjuluk Khagom Mufakat ini guna mengurangi dampak terjadinya banjir atau air menggenangi fasilitas umum dan rumah warga sekitar.

“Hari ini kami Relawan PMI dan anggota PMR Kecamatan Rajabasa giat membersihkan selokan (siring), agar air yang mengalir tetap lancar dan tidak tersumbat,” ujar anggota KSR PMI Lamsel M. Yusuf kepada media melalui telefon selulernya. Sabtu (19/12/2020).

Menurut warga desa Kunjir ini, aksi yang dilakukan relawan PMI Lamsel merupakan inisiatifnya sebagai seorang relawan PMI. Mengingat saat ini musim penghujan dikhawatirkan aliran air akan tersumbat sehingga menyebabkan banjir melanda rumah penduduk.

Sebab kata dia, Setiap hujan deras turun selama 5 menit, di sekitaran badan jalan sudah tergenang air, bahkan 3 rumah dibagaian bawah pun turut tergenang air (kebanjiran).

“Tujuannya untuk mengurangi dampak bencaca banjir yang disebabkan selokan tersumbat, sebab selokan yang ada banyak tumpukan sampah dan dangkal,” jelasnya seraya aksi ini dibantu oleh staf PMI Lamsel Slamet Riyadi.

Selain itu kata M. Yusuf, pihaknya bersama anggota PMR binaan Kecamatan Rajabasa menghimbau kepada masyarakat untuk siap siaga bersihkan selokan lokasi sekitar rumah masing-masing agar bencana banjir tidak menghantui kita dimusim penghujan ini.

“Bakti sosial ini selain bersihkan selokan, kami (PMI) juga melakukan penempelan pamflet new normal dan sianga bencana ditempat-tempat strategis khususnya di Desa Kunjir Rajabasa,” pungkasnya. (Aan/HSN)