Riana Sari Hadiri Puncak Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK ke-49

PODIUM, BANDARLAMPUNG, –Gubernur Lampung yang diwakili oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Transmigrasi Provinsi Lampung beserta Ketua TP PKK Provinsi Lampung, Riana Sari Arinal, menghadiri acara Puncak Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK ke-49 Provinsi Lampung serta Webinar tentang “Pola Asuh Anak dan Remaja di Masa Pandemi: Peluang dan Tantangan” bersama Ketua Umum Lembaga Perlindungan Anak Indonesia, Seto Mulyadi, bertempat di Kantor PKK Provinsi Lampung, Selasa (30/03/2021).

Acara ini juga dihadiri oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung beserta jajaran pengurus, Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan dan Desa/Kelurahan beserta seluruh kader PKK.

Hari Kesatuan Gerak PKK merupakan salah satu momentum yang sangat mendasar, serta memiliki arti penting dan strategis dalam implementasi 10 Program Pokok PKK. Peringatannya memberikan penegasan bahwa Gerakan PKK dikelola dari, oleh dan untuk masyarakat, serta dilaksanakan oleh seluruh komponen bangsa dalam satu kesatuan tujuan yaitu masyarakat yang berdaya dan sejahtera.

Pelaksanaan peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK tahun ini memasuki tahun ke-49 dengan tema Keluarga Pelopor Perubahan menuju Indonesia Maju. Pelopor perubahan memberi makna bahwa PKK, dalam hal ini Tim Penggerak dan Kader di seluruh pelosok nusantara, hendaknya tahu, mau dan mampu menjadi garda terdepan dalam mewujudkan keluarga berkualitas dalam aspek moral, pendidikan, kesehatan, sosial budaya, ekonomi, dan lingkungan hidup.

Gerakan PKK bukan semata menempatkan keluarga sebagai obyek atau sasaran program pemerintah, akan tetapi gerakan PKK adalah gerakan yang mampu menginisiasi keluarga-keluarga Indonesia melakukan perubahan menuju kehidupan masyarakat yang lebih baik sebagaimana tujuan pembangunan nasional.

Saat ini, Gerakan PKK semakin berkembang dengan program-programnya yang turut menjadi solusi permasalahan bangsa. Salah satunya sejak merebaknya pandemi Covid-19 menuntut masyarakat melakukan berbagai adaptasi diseluruh aspek kehidupan, termasuk pola asuh saat pandemi. Perubahan rutinitas yang signifikan sering kali menjadi tantangan tersendiri bagi orang tua.

“Untuk Gerakan SIGER (Saatnya Ikut Bergerak untuk Rakyat yang Membutuhkan) yaitu membagikan paket bahan masakan bagi masyarakat sekitar yang telah saya inisiasi di awal masa pandemi dapat terus kita lakukan sebagai bentuk kepedulian dan empati kepada sesama,” ungkap Riana dalam sambutannya.

Adapun beberapa rangkaian kegiatan yang telah dan akan dilaksanakan dalam rangkaian peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK ke-49 Provinsi Lampung yaitu, Saatnya Ikut Bergerak Untuk Rakyat yang Membutuhan (SIGER) secara serentak dengan TP PKK Kabupaten/Kota pada tanggal 12 Maret 2021, Webinar “Pola Asuh Anak dan Remaja di Masa Pandemi : Peluang dan Tantangannya” pada tanggal 30 Maret 2021, dan Pemberian bantuan kepada balita, ibu hamil dan lansia berupa 50 paket sembako.

Riana Sari berharap, dengan adanya webinar ini seluruh kader PKK yang ada di Provinsi Lampung dengan salah satu program kerjanya yaitu mengotimalkan peran orang tua dalam menerapkan pola asuh anak dan remaja dalam keluarga dengan penuh cinta dan kasih sayang serta memberikan perlindungan terhadap anak. (*)