Saimala Estonia 2024 Menginspirasi Siswa di Lampung Untuk Siap Hadapi Masa Depan

PODIUM, BANDARLAMPUNG, – Saimala Estonia 2024 jadi jembatan asa UI untuk siswa di Lampung.

Sai Mahasiswa Lampung Universitas Indonesia atau Saimala UI, merupakan sebuah paguyuban mahasiswa asal Lampung di Universitas Indonesia (UI)

60 mahasiswa UI asal Lampung itu mengumumkan penyelenggaraan acara tahunan yang diberi nama Saimala Estonia 2024.

Kegiatan yang dimulai sejak tanggal 3 hingga 25 Januari 2024 ini merupakan bagian dari upaya untuk memotivasi dan mengedukasi siswa-siswi SMA di Lampung.

Guna melanjutkan studi di Universitas Indonesia.

Ketua Pelaksana, M Yusuf Daffa dari Fakultas Teknik  jurusan Teknik Elektro, menjelaskan bahwa, pemilihan nama Estonia menggambarkan semangat futuristik dan aspirasi.

“Tujuannya untuk menginspirasi para siswa di Lampung agar siap menghadapi masa depan,” kata Daffa, Senin, 22 Januari 2024.

Hal ini pun, sambungnya, sejalan dengan tagline acara tersebut, “Get Ready For the Future”.

Rangkaian Acara Saimala Estonia 2024

Saimala Estonia 2024 terdiri dari 3 event utama yang akan atau telah diselenggarakan di berbagai lokasi di Lampung:

Roadshow Edukasi

Sebagai bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, roadshow ini bertujuan menyasar sekolah-sekolah di Lampung.

Seperti di Kabupaten Lampung Selatan, Lampung Timur, Pringsewu, Pesawaran, Kota Metro, dan Kota Bandarlampung.

Kegiatan ini fokus pada pengenalan Universitas Indonesia dan motivasi untuk siswa kelas 12 agar berminat melanjutkan studi ke Perguruan Tinggi khususnya di UI.

Kegiatan roadshow edukasi dirancang untuk memberikan edukasi tentang persiapan masuk perguruan tinggi serta motivasi kepada siswa.

Khususnya, untuk menarik minat mereka terhadap Universitas Indonesia.

Kegiatan roadshow tidak hanya bertujuan untuk mengenalkan Universitas Indonesia kepada siswa-siswi di Lampung.

Tetapi juga untuk memberikan motivasi dan inspirasi bagi mereka agar melihat pendidikan tinggi sebagai langkah penting dalam meraih masa depan yang lebih cerah.

“Melalui kegiatan ini, Saimala UI berharap dapat meningkatkan minat dan kesiapan siswa-siswi SMA di Lampung,” jelas Daffa.

Tak lain untuk melanjutkan studi di perguruan tinggi, khususnya di Universitas Indonesia.

  1. Pre-Event dengan Talkshow

Pre-event diisi talkshow bersama Anindytha Arsa Prameswari, mahasiswi berprestasi Fakultas Hukum Universitas Indonesia angkatan 2019.

Acara yang digelar pada 20 Januari 2024 kemarin, dihadiri oleh seluruh mahasiswa/siswa baik dalam maupun luar melalui zoom meeting.

  1. Tryout Akbar dan Bedah Kampus

Dalam rangkaian acara Saimala Estonia 2024, Saimala UI telah merencanakan kegiatan Tryout Akbar yang akan berlangsung pada 28 Januari 2024 di Graha Bintang Malahayati.

Acara ini dirancang untuk mengukur dan meningkatkan kemampuan para siswa SMA di Lampung dalam persiapan mereka menghadapi tantangan akademik di perguruan tinggi.

Tryout Akbar, bukan sekadar ujian, melainkan sebuah platform bagi siswa untuk mengidentifikasi kekuatan dan area yang perlu diperbaiki dalam kesiapan akademis mereka.

Ini merupakan bagian penting dalam misi Saimala UI untuk meningkatkan akses pendidikan tinggi berkualitas bagi siswa di Lampung.

Sebagai bagian dari kegiatan, akan diselenggarakan pula bedah kampus dengan berbagai booth atau tenda dari fakultas-fakultas di Universitas Indonesia.

Hal ini memberikan kesempatan bagi siswa untuk mendapatkan informasi langsung dan memahami lebih dalam tentang berbagai program studi yang ditawarkan oleh UI.

Brosur resmi dari masing-masing fakultas akan disediakan untuk membantu siswa dalam membuat keputusan penting terkait masa depan akademis mereka.

Diperkirakan ribuan siswa dan siswi dari seluruh Lampung, dengan target partisipasi sekitar 3.000 orang, akan hadir dalam kegiatan ini.

Untuk menambah semarak acara, juga akan diadakan mini konser yang mengundang Band Arti Kata, memberikan nuansa hiburan yang menyenangkan bagi para peserta.

Selain menyenangkan, kegiatan ini menjadi manifestasi dari dedikasi Saimala Estonia 2024 UI dalam menginspirasi dan membantu siswa Lampung.

Hingga menjadi bukti nyata dari pengabdian mahasiswa asal daerah dalam menarik minat generasi muda untuk mengejar pendidikan yang lebih tinggi.

Ketua Pelaksana, M Yusuf Daffa berharap, Saimala Estonia 2024, membuat siswa-siswi SMA di Lampung terinspirasi untuk melanjutkan pendidikan tinggi mereka.

“Pada akhirnya mereka siap menghadapi tantangan masa depan dengan lebih percaya diri,” tandas Daffa.